ANALISIS GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SMP N 11 KOTA BENGKULU

Sari, Elia Dinami Permata (2024) ANALISIS GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SMP N 11 KOTA BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
ELIA DINAMI PERMATA SARI_2087203022_Fulltext.pdf - Supplemental Material
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Turnitin)
ELIA DINAMI PERMATA SARI_2087203022_Turnitin.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (20MB) | Request a copy
[img] Text (BAB I)
ELIA DINAMI PERMATA SARI_2087203022_Abstrak+BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (851kB)
[img] Text (BAB II)
ELIA DINAMI PERMATA SARI_2087203022_BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (673kB)
[img] Text (BAB III)
ELIA DINAMI PERMATA SARI_2087203022_BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
ELIA DINAMI PERMATA SARI_2087203022_BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (740kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
ELIA DINAMI PERMATA SARI_2087203022_BAB 5.pdf - Submitted Version

Download (442kB)
[img] Text (Referensi + Lampiran)
ELIA DINAMI PERMATA SARI_2087203022_Reff+Lamp.pdf - Submitted Version

Download (844kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPS serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan subjek penelitian melibatkan waka kurikulum, guru mata pelajaran IPS, dan siswa kelas VII yang berjumlah 31 siswa. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning pada Kurikulum Merdeka dalam mata pelajaran IPS telah terlaksana dengan baik, sesuai dengan sintaks PBL dan tujuan pembelajaran. Hal ini terlihat pada langkah-langkah pembelajaran model PBL yang dilakukan guru di kelas. Pertama, guru mengorientasi siswa kepada masalah; kedua, mengorganisasi siswa untuk belajar; ketiga, membimbing individual/kelompok; keempat, mengembangkan dan menyajikan hasil karya; dan terakhir, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Semua langkah tersebut telah dilaksanakan dengan baik oleh guru. Meskipun demikian, guru menghadapi beberapa kendala dalam pelaksanaan model PBL antara lain seperti Sarana dan prasarana sekolah yang terbatas, keterbatasan akses terhadap bahan ajar dan referensi yang relevan, Kurangnya pelatihan dan pendampingan bagi guru. Kendala tersebut mempengaruhi efektivitas implementasi model PBL dalam Kurikulum Merdeka. Simpulan dari penelitian ini mengindikasikan pentingnya dukungan fasilitas yang memadai, akses terhadap sumber belajar yang relevan, serta pelatihan dan pendampingan yang berkelanjutan bagi guru untuk meningkatkan kualitas penerapan model PBL disekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Hilyati Milla, M.Pd Pembimbing 2 : Meirani, M. Pd.E
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Kurikulum Merdeka, Ilmu Pengetahuan Sosial, Kendala Guru, SMPN 11 Kota Bengkulu.
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
Divisions: 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Muammar Hafiz Khattami
Date Deposited: 21 Mar 2025 06:14
Last Modified: 21 Mar 2025 06:14
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/930

Actions (login required)

View Item View Item