Putra, Andriansyah Anggi (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR VIDEO ANIMASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI SMP NEGERI 7 KOTA BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Skripsi)
ANGGI ANDRIANSYAH PUTRA 2084202014 FULL TEXT.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Turnitin)
ANGGI ANDRIANSYAH PUTRA 2084202014 TURNITINi AP.pdf_compressed.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Abstrak)
ANGGI ANDRIANSYAH PUTRA 2084202014 cover skripsi.pdf - Submitted Version Download (718kB) |
![]() |
Text (BAB 1)
ANGGI ANDRIANSYAH PUTRA 2084202014 BAB I.pdf - Submitted Version Download (28kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
ANGGI ANDRIANSYAH PUTRA 2084202014 BAB II skripsi.pdf - Submitted Version Download (52kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
ANGGI ANDRIANSYAH PUTRA 2084202014 BAB III skripsi.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (227kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
ANGGI ANDRIANSYAH PUTRA 2084202014 BAB IV skripsi.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Ref)
ANGGI ANDRIANSYAH PUTRA 2084202014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (399kB) |
![]() |
Text (Lamp)
ANGGI ANDRIANSYAH PUTRA 2084202014lampiran.pdf - Submitted Version Download (866kB) |
Abstract
Ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini berkembang dengan pesat, untuk itu diharapkan guru dapat mamanfaatkan teknologi tersebut dalam bidang pendidikan, khususnya pada mata pelajaran matematika. Untuk saat ini minat belajar matematika siswa sangat rendah hal ini dipengaruhi beberapa faktor salah satunya guru masih jarang melibatkan teknologi dalam melakukan proses belajar mengajar dikelas. Sehingga diperlukan media pembelajaran yang dapat manumbuhkan minat belajar siswa khususnya pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan menentukan kevalidan hasil pengembangan bahan ajar video animasi dan untuk mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar video animasi dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model pengembangan ADDIE, dimana pada penelitian ini menerapkan tiga tahapan awal model ADDIE yaitu Analisys, Design, Development. Data yang diperoleh dari penelitan ini yaitu kulitatif dan kuantitatif dari validasi dan angket respon siswa. Subjek penelitian ini adalah sisw kelas VII B SMP N 7 Kota Bengkulu. Intrumen pengumpulan data penelitian ini dinilai dari validasi ahli materi dengan persentase kevalidan 75% ( kategori Baik), validasi ahli media 70,8% (kategori Baik), validasi ahli bahasa 75% (kategori Baik) dan angket respon siswa terhadap minat belajar dengan rata-rata persentase kevalidan 80,14% (kategori Sangat Baik). Berdasarkan hasil validasi dan angket respon siswa dapat disimpulkan media video animasi pembelajaran yang dikembangkan menggunakan software CupCut valid dan dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Ristontowi, M.Kom, Drs. Masri, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, ADDIE, aritmatika sosial |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika |
Divisions: | 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Atika Ledia Anggraini |
Date Deposited: | 15 May 2025 02:34 |
Last Modified: | 15 May 2025 02:34 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/912 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |