Desta, Desta (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Skripsi)
Desta 2084205011 Skeipsi Full .pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Turnitin)
desta turnitin docx (1)_compressed.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Abstrak + BAB 1)
desta_2084205011_kover,abstrak,bab 1.pdf - Submitted Version Download (836kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
Desta ( 2084205011) bab 2pdf.pdf - Submitted Version Download (255kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
Desta ( 2084205011) bab 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (175kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
Desta ( 2084205011) bab 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (223kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
Desta ( 2084205011) Bab 5 pdf.pdf - Submitted Version Download (85kB) |
![]() |
Text (Ref + Lamp)
Desta ( 2084205011) Daftar pustaka-lampiran .pdf - Submitted Version Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa SMA kelas X1 dan X2 pada materi Keanekaragaman Hayati. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Juli sampai dengan Bulan Agustus tahun 2024 bertempat di SMAN 9 Seluma. Pada penelitian inidesain atau rancangan yang digunakan adalah quasy experiment dengan non randomized group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X1 dan X2 SMAN 9 Seluma. Pada penelitian ini sampel yang digunakan adalah siswa kelas X1 dan X2 berjumlah 70 siswa. Instrumen penelitian adalah suatu alat yang digunakan mengukur fenomena alam maupun sosial yang diamati. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), tes hasil belajar, Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) dan angket. Cara yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah cara test yang terdiri dari pretest dan posttest. Metode analisis data yang digunakan peneliti adalah Uji Mann Whitney dan uji-t. Proses pengolahan data menggunakan SPSS 20. Hasil Uji Mann Whitney diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 yang artinya bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMA pada materi keanekaragaman hayati tahun ajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dr. Mariana Ade Cahaya, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Inkuri terbimbing, Keanekaragaman hayati |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi |
Divisions: | 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Atika Ledia Anggraini |
Date Deposited: | 15 May 2025 02:33 |
Last Modified: | 15 May 2025 02:33 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/910 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |