PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN TPS DI KELAS X IPA SMA NEGERI 6 BENGKULU SELATAN

Herianto, Domi (2025) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN TPS DI KELAS X IPA SMA NEGERI 6 BENGKULU SELATAN. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
DOMI HERIANTO_2384105013P_Fulltext.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Skripsi)
DOMI HERIANTO_2384105013P_Turnitin.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text (Skripsi)
DOMI HERIANTO_2384105013P_abstrak+BAB 1).pdf - Submitted Version

Download (4MB)
[img] Text (Skripsi)
DOMI HERIANTO_2384105013P_BAB 2).pdf - Submitted Version

Download (4MB)
[img] Text (Skripsi)
DOMI HERIANTO_2384105013P_BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Skripsi)
DOMI HERIANTO_2384105013P_BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Skripsi)
DOMI HERIANTO_2384105013P_BAB 5.pdf - Submitted Version

Download (4MB)
[img] Text (Skripsi)
DOMI HERIANTO_2384105013P_REF+LAMPIRAN .pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TPS. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai Desember 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen, desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Test Post-Test Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA di ambil tiga kelas yang ditetapkan secara acak (random sampling) dengan satu kelas sebagai kelas kontrol dan kelas lainnya mendapatkan pembelajaran STAD dan TPS yang diasumsikan homogen berdasarkan hasil nilai pretest. Pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen berupa soal tes hasil belajar kognitif dan berpikir kritis, adapun teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian adalah dengan menggunakan Uji ANAVA Satu Jalur (One Way Anova). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis yang signifikan antara siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe STAD, TPS dan Konvensional. Model pembelajaran tipe STAD lebih baik dibandingkan model pembelajaran tipe TPS dan Konvensional pada kemampuan berpikir kritis siswa untuk materi archaebacteria dan eubakteria. Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang signifikan antara siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe STAD, TPS dan Konvensional. Model pembelajaran tipe STAD lebih baik dibandingkan model pembelajaran tipe TPS dan Konvensional pada hasil belajar kognitif untuk materi archaebacteria dan eubakteria

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Irwandi, M.Pd. Pembimbing 2 : Dr. Tomi Hidayat, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Hasil Belajar Kognitif, STAD, TPS
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi
07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi
Divisions: 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi
Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Muammar Hafiz Khattami
Date Deposited: 19 Mar 2025 02:28
Last Modified: 19 Mar 2025 02:28
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/885

Actions (login required)

View Item View Item