Pratama, Yudha Rindi (2024) IMPLEMENTASI APLIKASI E-COUNSELING DENGAN DUKUNGAN SENTIMEN ANALISIS SEBAGAI RUANG KONSULTASI MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Abstrak + BAB 1)
RINDI YUDHA PRATAMA_2055201110_ABSTRAK+BAB 1.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RINDI YUDHA PRATAMA_2055201110_BAB 2.pdf - Submitted Version Download (143kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
RINDI YUDHA PRATAMA_2055201110_BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (756kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RINDI YUDHA PRATAMA_2055201110_BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RINDI YUDHA PRATAMA_2055201110_BAB 5.pdf - Submitted Version Download (6kB) |
![]() |
Text (Ref)
RINDI YUDHA PRATAMA_2055201110_REF.pdf - Submitted Version Download (230kB) |
![]() |
Text (Turnitin)
RINDI YUDHA PRATAMA_2055201110_TURNITIN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Skripsi)
RINDI YUDHA PRATAMA_2055201110_FULLTEXT.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (861kB) | Request a copy |
Abstract
Kurangnya jumlah konselor bersertifikasi di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Bengkulu menyebabkan terbatasnya akses layanan konseling bagi mahasiswa, yang berpotensi memengaruhi kesejahteraan emosional mereka. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengevaluasi penerapan aplikasi e-konseling dengan fitur analisis sentimen guna meningkatkan aksesibilitas dan efektivitas layanan konseling. Metode penelitian menggunakan pendekatan sistematis dengan metode Rapid Development (RD), yang meliputi analisis kebutuhan, desain prototipe, uji coba, dan pengumpulan umpan balik dari 50 mahasiswa. Hasil uji coba menunjukkan bahwa aplikasi ini meningkatkan aksesibilitas layanan konseling, dengan 86% mahasiswa telah mencoba aplikasi ini, dan mayoritas merasa aplikasi ini mudah digunakan serta membantu dalam proses konseling. Rata-rata penilaian efektivitas aplikasi adalah 8,60 dari skala 1 hingga 10. Fitur analisis sentimen terbukti efektif dalam mendeteksi kondisi emosional mahasiswa, mendukung komunikasi antara mahasiswa dan konselor. Penelitian ini menyarankan bahwa aplikasi e-konseling ini dapat menjadi model bagi institusi lain dalam menyediakan dukungan psikologis yang efektif di era digital.
Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
---|---|
Additional Information: | Muhammad Imanullah, S.Kom., M.T. |
Uncontrolled Keywords: | e-konseling, analisis sentimen, aksesibilitas, layanan konseling, mahasiswa, Fakultas Teknik. |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika |
Divisions: | 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika Subjek Terkait > 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika |
Depositing User: | Mrs Atika Ledia Anggraini |
Date Deposited: | 15 Mar 2025 03:42 |
Last Modified: | 15 Mar 2025 03:42 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/830 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |