Pradana, Andra Nascwa (2025) ANALISIS KONTEN TIKTOK @DH.AMANDA DALAM MENGEDUKASI ANAK USIA DINI. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
|
Text (Fulltext)
Andra Nacswa Pradana_2170201027_Fulltext.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (Turnitin)
Andra Nacswa Pradana_2170201027_Turnitin.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
|
|
Text (ABSTRAK + BAB 1)
Andra Nacswa Pradana_2170201027_Abstrak + BAB 1.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
|
Text (BAB 2)
Andra Nacswa Pradana_2170201027_BAB 2.pdf - Submitted Version Download (177kB) |
|
|
Text (BAB 3)
Andra Nacswa Pradana_2170201027_BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (107kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4)
Andra Nacswa Pradana_2170201027_BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (722kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
Andra Nacswa Pradana_2170201027_BAB 5.pdf - Submitted Version Download (158kB) |
|
|
Text (Ref + Lamp)
Andra Nacswa Pradana_2170201027_Ref + Lamp.pdf - Submitted Version Download (239kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran akun TikTok @dh.amanda dalam mengedukasi anak usia dini melalui konten video pendek. Dalam era digital yang semakin berkembang, TikTok menjadi media populer yang mampu menjangkau berbagai kalangan, termasuk anak-anak sebagai audiens pasif dari konten edukatif. Penelitian ini menganalisis konten edukasi pada akun tersebut berdasarkan tiga aspek utama: durasi, frekuensi, dan atensi, dengan pendekatan kualitatif dan metode analisis isi terhadap tujuh video unggahan dalam enam bulan terakhir. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan analisis isi dan teori terpaan media sebagai landasan teori. Dan pada analisi ini disusun dengan memperhatikan prinsip eduitaiment dan sesuai dengan perkembangan anak seperti teori Piaget, Vygotsky, dan Bandura.Hasil penelitian menunjukkan bahwa durasi video ±45–60 detik telah disusun sesuai rentang perhatian anak usia dini, dengan menerapkan prinsip chunking dan learning by doing. Frekuensi paparan yang tinggi melalui lagu-lagu tematik seperti berhitung dan mengenal nabi mendukung penguatan memori dan keterampilan dasar. Aspek atensi dikelola melalui pendekatan multimodal yang menggabungkan elemen visual, audio, dan tema yang relevan dengan dunia anak. Konten dominan berisi edukasi kognitif, seperti literasi awal dan numerasi, yang dikemas secara menarik dengan ilustrasi kegiatan sehari-hari. Penelitian ini menyimpulkan bahwa akun TikTok @dh.amanda berperan signifikan dalam memberikan edukasi yang sesuai tahap perkembangan anak, meskipun aspek edukasi emosional masih perlu ditingkatkan untuk pembelajaran yang lebih holistik.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Sri Dwi Fajarini, M.I.Kom |
| Uncontrolled Keywords: | Anak Usia Dini, Edukasi, Tiktok, Terpaan Media, Analisis Isi |
| Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi |
| Divisions: | 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi Subjek Terkait > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Mr Andeska Ulok Kupai |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 02:52 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 02:52 |
| URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1884 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

