Septiana, Serli (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) MENGGUNAKAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI SMA NEGERI 02 MUKOMUKO. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Skripsi)
SERLI SEPTIANA_2184205009_ Fulltext.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Turnitin)
DWI ADESI PUTRI_2188201015_Turnitin.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Abstrak & Bab I)
SERLI SEPTIANA_2184205009_ Abstrak & BAB 1.pdf - Submitted Version Download (931kB) |
![]() |
Text (Bab II)
SERLI SEPTIANA_2184205009_ BAB 2.pdf - Submitted Version Download (328kB) |
![]() |
Text (Bab III)
SERLI SEPTIANA_2184205009_ BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (249kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab IV)
SERLI SEPTIANA_2184205009_ BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (303kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab V)
SERLI SEPTIANA_2184205009_ BAB 5.pdf - Submitted Version Download (257kB) |
![]() |
Text (Referensi + Lampiran)
SERLI SEPTIANA_2184205009_ Referensi & Lampiran .pdf - Submitted Version Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang dikombinasikan dengan media peta konsep terhadap hasil belajar biologi siswa di SMA Negeri 02 Mukomuko. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain Non-Randomized Control Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, dan sampelnya adalah kelas X 1 (eksperimen) dan X 2 (kontrol) yang masing-masing terdiri dari 32 siswa, diambil secara acak. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Analisis data menggunakan uji-t yang dibantu dengan software SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model PBL dengan media peta konsep, dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Rata-rata skor posttest kelas eksperimen mencapai 73,9 sedangkan kelas kontrol hanya 64,37. Uji-t menunjukkan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 yang berarti Hₐ diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model PBL dengan peta konsep mampu meningkatkan pemahaman, keaktifan, serta kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi, khususnya pada materi Ruang lingkup biologi. Penerapan metode ini dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran yang efektif di tingkat sekolah menengah atas untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 :Drs. Nasral, M.Pd Pembimbing 2 : Dr. Kasmiruddin, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Peta Konsep, Hasil Belajar |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi |
Divisions: | 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Sarah Mentari Utama |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 07:16 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 07:16 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1451 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |