ADEPIO, SAKUT (2025) DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA MATERI LINGKARAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 09 LEBONG. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (SKRIPSI)
SAKUT ADEPIO_2184202010_Fulltext.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (TURNITIN)
SAKUT ADEPIO_2184202010_Turnitin.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (ABSTRAK + BAB I)
SAKUT ADEPIO_2184202_ ABSTRAK + BAB I.pdf - Submitted Version Download (501kB) |
![]() |
Text (BAB II)
SAKUT ADEPIO_2184202010_BAB 2.pdf - Submitted Version Download (460kB) |
![]() |
Text (BAB III)
SAKUT ADEPIO_2184202010_BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (335kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
SAKUT ADEPIO_2184202010_BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (376kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
SAKUT ADEPIO_2184202010_BAB 5.pdf - Submitted Version Download (205kB) |
![]() |
Text (REFF + LAMP)
SAKUT ADEPIO_2184202010_Reff+Lamp.pdf - Submitted Version Download (848kB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis matematis merupakan kemampuan untuk menyelidiki, menemukan, menghubungkan, dan menilai setiap aspek dari suatu masalah dengan hati-hati dan penuh pertimbangan untuk sampai pada solusi terbaik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi lingkaran dikelas VIII SMP Negeri 09 Lebong. Indikator kemampuan berpikir kritis matematis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Interpretasi, Analisis, Evaluasi dan Kesimpulan. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian 20 siswa. Siswa yang diwawancarai yaitu tiga orang siswa dengan satu siswa berkemampuan tinggi, satu siswa berkemampuan sedang dan satu siswa berkemampuan rendah. Metode pengumpulan data dengan tes, wawancara dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini yaitu soal tes dan pedoman wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan cara mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Siswa yang berkemampuan tinggi adalah siswa yang mampu memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kritis matematis yaitu: Interpretasi, Analisis, Evaluasi dan Kesimpulan. Siswa yang berkemampuan sedang adalah siswa yang mampu memenuhi dua indikator kemampuan berpikir kritis atematis yaitu: Interpretasi dan Analisis. Siswa yang berkemampuan Rendah adalah siswa yang belum mampu memenuhi indikator kemampuan berpikir kritis matematis yaitu: Interpretasi, Analisis, Evaluasi dan Kesimpulan. Dengan demikian siswa diharapkan dapat berlatih dalam menyelesaikan soal tes kemampuan berpikir kritis matematis agar memudahkan dalam menyelesaikan soal matematika lebih lanjut.
Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 ;Drs. Ristontowi, M.Kom. Pembimbing 2 : Dr. Winda Ramadianti, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Lingkaran, Siswa. |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika |
Divisions: | 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Hildayani Hildayani |
Date Deposited: | 23 Aug 2025 02:09 |
Last Modified: | 23 Aug 2025 02:09 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1384 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |