ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP LAYANAN APLIKASI SIKAMU MENGGUNAKAN MOBILE SERVICE QUALITY

Lestari, Lety (2025) ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP LAYANAN APLIKASI SIKAMU MENGGUNAKAN MOBILE SERVICE QUALITY. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
LETY LESTARI_2157201023_FULL TEXT.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Turnitin)
Lety Lestari Skripsi_TURNITIN_compressed.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK + BAB 1)
LETY LESTARI_2157201023_ABSTRAK+BAB I.pdf - Submitted Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB 2)
LETY LESTARI_2157201023_BAB II.pdf - Submitted Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB 3)
LETY LESTARI_2157201023_BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
LETY LESTARI_2157201023_BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
LETY LESTARI_2157201023_V.pdf - Submitted Version

Download (4MB)
[img] Text (Ref + Lamp)
LETY LESTARI_2157201023_REF+LAMP.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan Teknologi digital mendorong perguruan tinggi untuk menyediakan layanan akademik berbasis aplikasi mobile guna meningkatka n efisiensi dan kenyamanan mahasiswa. Universitas Muhammadiyah Bengkulu mengembangkan aplikasi SIKAMU sebagai sarana akses informasi akademik secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan mahasiswa terhadap layanan aplikasi SIKAMU men ggunakan pendekatan Mobile service quality (M - SERVQUAL) yang mencakup lima dimensi: Efisiensi, keandalan,keamanan, desain antarmuka, dan kesesuain fitur. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui kuesio ner terhadap 129 responden mahasiswa aktif dari fakultas Teknik. Hasil analisis menunjukan bahwa secara umum mahasiswa merasa sangat puas terhadap layanan aplikasi SIKAMU, dengan nilai rata - rata Customer Satisfaction Index (CSI) sebesar 97%. Dimensi keses uaian fitur mendapatkan Tingkat kepuasan tertinggi (100%), sementara efisiensi memperoleh nilai terendah (94%) meskipun masih berada dalam kategori sangat puas. Analisis gap antara harapan dan persepsi menunjukan bahwa Sebagian besar dimensi telah memenuhi atau melampaui harapan mahasiswa, kecuali efisiensi yang masih perlu ditingkatkan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa aplikasi SIKAMU telah berhasil memenuhi kebutuhan mahasiswa dalam pelayanan akademik digital, namun peningkatan pada aspek efisiensi dan k eamanan tetap diperlukan untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas layanan.

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing : RG Guntur Alam,M.Kom., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Kepuasan mahasiswa, SIKAMU, Mobile Service Quality, Aplikasi Mobile, Layanan Akademik
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 02-Fakultas Teknik > 57201-(S1) Sistem Informasi
02-Fakultas Teknik > 57201-(S1) Sistem Informasi
Divisions: 02-Fakultas Teknik > 57201-(S1) Sistem Informasi
Subjek Terkait > 02-Fakultas Teknik > 57201-(S1) Sistem Informasi
Depositing User: Mrs Atika Ledia Anggraini
Date Deposited: 23 Aug 2025 02:11
Last Modified: 23 Aug 2025 02:11
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1367

Actions (login required)

View Item View Item