Gustina, Rina (2025) ANALISIS MAKNA TERHADAP BARANG BRANDED THRIFTING OLEH GENERASI Z : STUDI KASUS PEMBELI DI PASAR PANORAMA KOTA BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Skripsi)
Rina Gustina_2169201005_ Fulltext.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Turnitin)
Rina Gustina_2169201005_Turntin.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (609kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Abstrak + BAB 1)
Rina Gustina_2169201005_ Abstrak & BAB 1.pdf - Submitted Version Download (970kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
Rina Gustina_2169201005_ BAB 2.pdf - Submitted Version Download (281kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
Rina Gustina_2169201005_ BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (188kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
Rina Gustina_2169201005_ BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (241kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
Rina Gustina_2169201005_ BAB 5.pdf - Submitted Version Download (91kB) |
![]() |
Text (Ref + Lamp)
Rina Gustina_2169201005_Referensi & Lampiran.pdf - Submitted Version Download (599kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna generasi Z terhadap barang thrifting branded. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus adalah generasi Z yang membeli barang branded thrifting di Pasar Panorama. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik snowball untuk mendapatkan informan, yang mana peneliti mendapatkan informan melalui rekomendasi oleh informan kunci. Data penelitian ini didapatkan melalui teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi yang di analisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan teori masyarakat konsumsi yang dikemukakan oleh Jean Baudrillard dengan menggunakan konsep simulasi, simulacra, dan hiperrealitas. Hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai fenomena thrifting, mendapatkan hasil bahwa generasi Z memaknai barang branded thrifting sebagai simbol dalam meningkatkan status sosial mereka, dan memberikan pengakuan dari masyarakat serta sebagai ekspresi diri. Temuan penelitian menunjukkan bahwa generasi Z tidak hanya tertarik pada aspek fungsional dari barang tersebut, tetapi juga nilai simbolik yang melekat pada merek tersebut. Dengan menggunakan barang branded thrifting, mereka bisa mengekspresikan diri mereka dan menunjukkan citra kelas atas.
Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing Ayu Wijayanti, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Thrifting, Generasi Z, Masyarakat Konsumsi |
Subjects: | H-Ilmu Sosial > Sosiologi |
Divisions: | 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 69201-(S1) Sosiologi Subjek Terkait > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 69201-(S1) Sosiologi |
Depositing User: | Mrs Atika Ledia Anggraini |
Date Deposited: | 27 May 2025 02:31 |
Last Modified: | 27 May 2025 02:31 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/1179 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |