IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) DI FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Yuniati, Ira (2024) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) DI FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU. Tesis (Masters) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Tesis Fulltext)
IRA YUNIATI_ 2261101001 _ Fulltext.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy
[img] Text (Turnitin)
IRA YUNIATI_ 2261101001 _ Turnitin.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy
[img] Text (BAB I)
IRA YUNIATI_ 2261101001 _ ABSTRAK + BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
IRA YUNIATI_ 2261101001 _ BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (0B)
[img] Text (BAB III)
IRA YUNIATI_ 2261101001 _ BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
IRA YUNIATI_ 2261101001 _ BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
IRA YUNIATI_ 2261101001 _ BAB 5.pdf - Submitted Version

Download (170kB)
[img] Text (Reff+Lampiran)
IRA YUNIATI_ 2261101001 _ Ref + Lamp.pdf - Submitted Version

Download (279kB)

Abstract

Kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Pendidikan Tinggi mengenai Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di mana berupaya memberikan mahasiswa kemerdekaan belajar di perguruan tinggi sebagai bentuk inovasi pembelajaran guna mendapatkan pembelajaran yang berkualitas. Adapun tujuan dalam penelitian yang berjudul ‘Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bengkulu’, yaitu guna mengetahui bagaimana eksistensi manajemen pendidikan Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bengkulu dapat terlaksana dengan baik serta bagaimana teori serta praktiknya dalam proses pembelajaran yang dilihat dari empat fungsi manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yang biasanya disingkat dengan sebutan POAC. Penelitian ini merupakan penelitian dengan permasalah yang bersifat sosial dan dinamis sehingga peneliti menentukan penggunaan jenis penelitian kualitatif deskripsi dalam penentuan cara mencari, mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data penelitian. Sumber data dalam penelitian ini atau yang disebut sebagai informan, yaitu Wakil Dekan 1 FKIP UMB, Ketua Prodi di lingkungan FKIP, dan Mahasiswa. Kemudian sumber data non manusia meliputi catatan lapangan, dokumen-dokumen, dan rekaman hasil wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa secara keseluruhan sudah cukup berjalan dengan baik. Namun dari hasil evaluasinya, masih ada beberapa permasalahan yang ditemui terutama terkait pengkonversian nilai dari Program MBKM yang diikuti mahasiswa. Hal ini menjadi bahan evaluasi untuk lebih baik lagi kedepannya terutama dalam hal implementasi Kurikulum MBKM yang sedang berjalan saat ini.

Item Type: Thesis (Tesis (Masters))
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Onsardi, M.M. Pembimbing 2 : Dr. Sri Ekowati, S.E.,M.M.,
Uncontrolled Keywords: implementasi, manajemen, kurikulum MBKM
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 09-Program Pascasarjana > 81101-(S2) Manajemen
09-Program Pascasarjana > 81101-(S2) Manajemen
Divisions: 09-Program Pascasarjana > 81101-(S2) Manajemen
Subjek Terkait > 09-Program Pascasarjana > 81101-(S2) Manajemen
Depositing User: Mr Muammar Hafiz Khattami
Date Deposited: 24 Apr 2025 06:14
Last Modified: 24 Apr 2025 06:14
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/984

Actions (login required)

View Item View Item