Yuniati, Ira (2024) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) DI FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU. Tesis (Masters) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Tesis Fulltext)
IRA YUNIATI_ 2261101001 _ Fulltext.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (0B) | Request a copy |
![]() |
Text (Turnitin)
IRA YUNIATI_ 2261101001 _ Turnitin.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (0B) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB I)
IRA YUNIATI_ 2261101001 _ ABSTRAK + BAB 1.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB II)
IRA YUNIATI_ 2261101001 _ BAB 2.pdf - Submitted Version Download (0B) |
![]() |
Text (BAB III)
IRA YUNIATI_ 2261101001 _ BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (291kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
IRA YUNIATI_ 2261101001 _ BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (0B) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
IRA YUNIATI_ 2261101001 _ BAB 5.pdf - Submitted Version Download (170kB) |
![]() |
Text (Reff+Lampiran)
IRA YUNIATI_ 2261101001 _ Ref + Lamp.pdf - Submitted Version Download (279kB) |
Abstract
Kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Pendidikan Tinggi mengenai Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di mana berupaya memberikan mahasiswa kemerdekaan belajar di perguruan tinggi sebagai bentuk inovasi pembelajaran guna mendapatkan pembelajaran yang berkualitas. Adapun tujuan dalam penelitian yang berjudul ‘Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bengkulu’, yaitu guna mengetahui bagaimana eksistensi manajemen pendidikan Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bengkulu dapat terlaksana dengan baik serta bagaimana teori serta praktiknya dalam proses pembelajaran yang dilihat dari empat fungsi manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yang biasanya disingkat dengan sebutan POAC. Penelitian ini merupakan penelitian dengan permasalah yang bersifat sosial dan dinamis sehingga peneliti menentukan penggunaan jenis penelitian kualitatif deskripsi dalam penentuan cara mencari, mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data penelitian. Sumber data dalam penelitian ini atau yang disebut sebagai informan, yaitu Wakil Dekan 1 FKIP UMB, Ketua Prodi di lingkungan FKIP, dan Mahasiswa. Kemudian sumber data non manusia meliputi catatan lapangan, dokumen-dokumen, dan rekaman hasil wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa secara keseluruhan sudah cukup berjalan dengan baik. Namun dari hasil evaluasinya, masih ada beberapa permasalahan yang ditemui terutama terkait pengkonversian nilai dari Program MBKM yang diikuti mahasiswa. Hal ini menjadi bahan evaluasi untuk lebih baik lagi kedepannya terutama dalam hal implementasi Kurikulum MBKM yang sedang berjalan saat ini.
Item Type: | Thesis (Tesis (Masters)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Dr. Onsardi, M.M. Pembimbing 2 : Dr. Sri Ekowati, S.E.,M.M., |
Uncontrolled Keywords: | implementasi, manajemen, kurikulum MBKM |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 09-Program Pascasarjana > 81101-(S2) Manajemen 09-Program Pascasarjana > 81101-(S2) Manajemen |
Divisions: | 09-Program Pascasarjana > 81101-(S2) Manajemen Subjek Terkait > 09-Program Pascasarjana > 81101-(S2) Manajemen |
Depositing User: | Mr Muammar Hafiz Khattami |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 06:14 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 06:14 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/984 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |