Maryansyah, Yupika and Badeni, Badeni and Harahap, Alamsyah (2025) E-Modul: Reading Comprehension. UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Bengkulu.
![]() |
Text (E-Modul)
Yupika Maryansyah_e modul reading comprehension.pdf - Published Version Download (23MB) |
Abstract
Berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa dalam menghadapi tantangan di era globalisasi. Dalam konteks pembelajaran Bahasa Inggris, khususnya pada mata kuliah Reading Comprehension, kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan untuk memahami, menganalisis, dan mengevaluasi berbagai teks bacaan secara mendalam. Namun, proses pembelajaran konvensional sering kali kurang optimal dalam mengembangkan keterampilan tersebut. Oleh karena itu, pengembangan e modul berbasis Mobile-Assisted Language Learning (MALL) dengan pendekatan Project Based Learning (PjBL) menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Pendekatan PjBL mendorong mahasiswa untuk lebih aktif dan kreatif dalam menyelesaikan proyek yang berkaitan dengan materi bacaan, sementara pemanfaatan teknologi MALL memberikan fleksibilitas dalam mengakses dan mempelajari materi di mana saja dan kapan saja. Melalui e-modul ini, diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mereka secara optimal dan lebih siap menghadapi tantangan akademis maupun dunia kerja di masa depan. Pengembangan e-modul ini tidak hanya berfokus pada penyajian materi yang menarik dan interaktif, tetapi juga dirancang untuk memfasilitasi pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (student-centered learning). Integrasi teknologi MALL memungkinkan mahasiswa untuk belajar secara mandiri maupun kolaboratif melalui perangkat mobile yang mereka miliki, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih fleksibel dan adaptif terhadap kebutuhan individu. Selain itu, pendekatan PjBL mendorong mahasiswa untuk terlibat secara aktif dalam menyelesaikan proyek-proyek yang relevan dengan materi Reading Comprehension, seperti analisis teks, pembuatan ringkasan kritis, dan diskusi kelompok. Kegiatan ini diharapkan dapat melatih kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui proses eksplorasi, analisis, evaluasi, dan pemecahan masalah secara sistematis. Dengan demikian, e-modul ini tidak hanya menjadi media pembelajaran yang inovatif, tetapi juga sebagai sarana pengembangan keterampilan berpikir kritis yang aplikatif. Kehadiran e-modul berbasis MALL dengan pendekatan PjBL ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di perguruan tinggi, khususnya dalam mata kuliah Reading Comprehension, serta mendukung pencapaian kompetensi abad ke-21
Item Type: | Other |
---|---|
Additional Information: | DISUSUN OLEH : YUPIKA MARYANSYAH, BADENI, ALAMSYAH HARAHAP. |
Uncontrolled Keywords: | E-Modul |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88203-(S1) Pendidikan Bahasa Inggris 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88203-(S1) Pendidikan Bahasa Inggris L-Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan L-Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan yang lebih tinggi L-Pendidikan > Buku teks P-Bahasa dan Sastra > Bahasa inggris P-Bahasa dan Sastra > Sastra Inggris |
Divisions: | 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88203-(S1) Pendidikan Bahasa Inggris Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88203-(S1) Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Anugrah Raffli |
Date Deposited: | 12 Apr 2025 02:21 |
Last Modified: | 12 Apr 2025 02:21 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/968 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |