Harnita, Yena (2025) PERBEDAAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN GROUP INVESTIGATION DI SMA NEGERI 9 KAUR. Tesis (Masters) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Skripsi Fulltext)
EDIT TONY- YENA HARNITA_2384105012_Fulltext.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Turnitin)
YENA HARNITA_2384105012_Turnitin.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB I)
YENA HARNITA_2384105012_Abstrak+BAB 1.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB II)
YENA HARNITA_2384105012_BAB 2.pdf - Submitted Version Download (336kB) |
![]() |
Text (BAB III)
YENA HARNITA_2384105012_BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (277kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
YENA HARNITA_2384105012_BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (324kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
YENA HARNITA_2384105012_BAB 5.pdf - Submitted Version Download (159kB) |
![]() |
Text (Referensi+Lampiran)
YENA HARNITA_2384105012_Reff+Lamp.pdf - Submitted Version Download (892kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan literasi sains, motivasi belajar dan hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran Biologi dengan penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw, group investigation dan konvensional di kelas XI SMA Negeri 9 Kaur. Hasil penelitian terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, group investigation dan konvensional, dimana pada hasil rata-rata kelas jigsaw sebesar 35, pada kelas group investigation rata-rata kelas sebesar 34,091 dan pada kelas konvensional rata-rata kelasnya sebesar 30,909 dan pada hasil analisis melalui uji test anova terdapat skor signifikan hasil belajar kognitif sebesar 0,025 ≤ 0,05 hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan. Terdapat perbedaan pada motivasi siswa pada kelas jigsaw, group investigation dan konvensional, dimana pada hasil analisis melalui uji anova yaitu nilai signifikan sebesar 0,063 artinya α > 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi pada kelas jigsaw, group investigation dan kelas konvensional.
Item Type: | Thesis (Tesis (Masters)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing (I) : Dr. Tomi Hidayat, M.Pd. Pembimbing (II) : Dr. Apriza Fitriani, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Literasi Sains, Hasil Belajar Kognitif dan Motivasi |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 09-Program Pascasarjana > 84105-(S2) Pendidikan Biologi 09-Program Pascasarjana > 84105-(S2) Pendidikan Biologi |
Divisions: | 09-Program Pascasarjana > 84105-(S2) Pendidikan Biologi Subjek Terkait > 09-Program Pascasarjana > 84105-(S2) Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Muammar Hafiz Khattami |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 02:59 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 02:59 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/959 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |