PERBEDAAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN GROUP INVESTIGATION DI SMA NEGERI 9 KAUR

Harnita, Yena (2025) PERBEDAAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN GROUP INVESTIGATION DI SMA NEGERI 9 KAUR. Tesis (Masters) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
EDIT TONY- YENA HARNITA_2384105012_Fulltext.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Turnitin)
YENA HARNITA_2384105012_Turnitin.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB I)
YENA HARNITA_2384105012_Abstrak+BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
YENA HARNITA_2384105012_BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (336kB)
[img] Text (BAB III)
YENA HARNITA_2384105012_BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
YENA HARNITA_2384105012_BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
YENA HARNITA_2384105012_BAB 5.pdf - Submitted Version

Download (159kB)
[img] Text (Referensi+Lampiran)
YENA HARNITA_2384105012_Reff+Lamp.pdf - Submitted Version

Download (892kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan literasi sains, motivasi belajar dan hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran Biologi dengan penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw, group investigation dan konvensional di kelas XI SMA Negeri 9 Kaur. Hasil penelitian terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, group investigation dan konvensional, dimana pada hasil rata-rata kelas jigsaw sebesar 35, pada kelas group investigation rata-rata kelas sebesar 34,091 dan pada kelas konvensional rata-rata kelasnya sebesar 30,909 dan pada hasil analisis melalui uji test anova terdapat skor signifikan hasil belajar kognitif sebesar 0,025 ≤ 0,05 hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan. Terdapat perbedaan pada motivasi siswa pada kelas jigsaw, group investigation dan konvensional, dimana pada hasil analisis melalui uji anova yaitu nilai signifikan sebesar 0,063 artinya α > 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi pada kelas jigsaw, group investigation dan kelas konvensional.

Item Type: Thesis (Tesis (Masters))
Additional Information: Pembimbing (I) : Dr. Tomi Hidayat, M.Pd. Pembimbing (II) : Dr. Apriza Fitriani, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Literasi Sains, Hasil Belajar Kognitif dan Motivasi
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 09-Program Pascasarjana > 84105-(S2) Pendidikan Biologi
09-Program Pascasarjana > 84105-(S2) Pendidikan Biologi
Divisions: 09-Program Pascasarjana > 84105-(S2) Pendidikan Biologi
Subjek Terkait > 09-Program Pascasarjana > 84105-(S2) Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Muammar Hafiz Khattami
Date Deposited: 25 Mar 2025 02:59
Last Modified: 25 Mar 2025 02:59
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/959

Actions (login required)

View Item View Item