PENGEMBANGAN.BAHAN.AJAR DIGITAL IPA BERBASIS CASE METHOD LEARNING TERINTEGRASI P5P2RA

Efrahutatera, Efrahutatera (2025) PENGEMBANGAN.BAHAN.AJAR DIGITAL IPA BERBASIS CASE METHOD LEARNING TERINTEGRASI P5P2RA. Tesis (Masters) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
EFRAHUTATERA_2384105008_Fulltext.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Turnitin)
EFRAHUTATERA_2384105008_Turnitin.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB I)
EFRAHUTATERA_2384105008_Abstrak+BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (579kB)
[img] Text (BAB II)
EFRAHUTATERA_2384105008_BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (5MB)
[img] Text (BAB III)
EFRAHUTATERA_2384105008_BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
EFRAHUTATERA_2384105008_BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
EFRAHUTATERA_2384105008_BAB 5.pdf - Submitted Version

Download (86kB)
[img] Text (Referensi+Lampiran)
EFRAHUTATERA_2384105008_Ref + Lamp.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepraktisan bahan ajar digital IPA berbasis case method learning terintegrasi P5P2RA sehingga layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Tahap analysis dilakukan analisis kebutuhan dan karakteristik bahan ajar, analisis kebutuhan siswa, analisis kurikulum dan analisis teknologi. Tahap design, dilakukan perancangan materi, modul ajar, spesifikasi teknologi media, dan rancangan awal produk. Tahap development dilakukan validasi dan revisi yang melibatkan ahli materi dan ahli media. Validasi ahli materi mendapatkan nilai rata-rata 90% (sangat valid) dan validasi media mendapatkan nilai rata-rata 91% (sangat valid). Setelah dinyatakan valid dan praktis oleh validator maka dilakukan evaluasi kepada peserta didik melalui uji coba terbatas dan uji coba luas pada kelas VII MTs Negeri 1, MTs Negeri 2 dan MTs Swasta Nurul Kamal yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Uji coba terbatas melibatkan 38 siswa dengan mendapatkan nilai rata-rata 91% (sangat praktis) dan uji coba luas melibatkan 143 siswa dengan mendapatkan nilai 92,6% (sangat praktis) Tahap implementation dilakukan mempersiapkan lingkungan sasaran pengembangan bahan ajar digital IPA berbasis case method learning terintegrasi P5P2RA. Dan tahap evaluation dilakukan pada setiap tahapan pengembangan. Berdasarkan proses pengembangan dan penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar digital IPA berbasis case method learning terintegrasi P5P2RA membantu siswa memahami konsep IPA melalui kasus nyata di lingkungan sekitar, serta membentuk karakter siswa sesuai nilai-nilai Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin.

Item Type: Thesis (Tesis (Masters))
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Jayanti Syafitri, M.Pd Pembimbing 2 : Dr. Merri Sri Hartati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar digital, Case Method Learning, P5P2RA, IPA
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 09-Program Pascasarjana > 84105-(S2) Pendidikan Biologi
09-Program Pascasarjana > 84105-(S2) Pendidikan Biologi
Divisions: 09-Program Pascasarjana > 84105-(S2) Pendidikan Biologi
Subjek Terkait > 09-Program Pascasarjana > 84105-(S2) Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Muammar Hafiz Khattami
Date Deposited: 22 Mar 2025 02:10
Last Modified: 22 Mar 2025 02:10
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/936

Actions (login required)

View Item View Item