SUCIATI, IKE (2024) PENGARUH MUTU PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI KLINIK PRATAMA ASY SYIFA KOTA BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Skripsi)
skripsi ike suciati 2113201054.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Jurnal Skripsi)
ARTIKEL IKE SUCIATI (2113201054).pdf - Submitted Version Download (259kB) |
Abstract
Mutu pelayanan klinik sangat penting, kepuasan pasien dipengaruhi oleh mutu pelayanan kesehatan yang diberikan. Dimensi kepuasan pasien menjadi elemen utama dalam menilai mutu pelayanan kesehatan. Apabila mutu pelayanan yang diberikan berkualitas, menciptakan suatu kepuasan pada pasien atau pengguna layanan. Tujuan penelitian untuk mengetahui adanya pengaruhi mutu pelayanan kesehatan pada kepuasan pasien Prolanis.dengan menggunakan model servqual (service quality) terdiri dari lima dimensi yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy. Desain penelitian menggunakan metode kuantitatif melalui pendekatan cross sectional yaitu rancangan penelitian tujuannya untuk mengetahui pengaruh hubungan antara variabel independen dan variabel dependen pada waktu yang sama. Sampel penelitian adalah pasien Prolanis penerima program kegiatan promotif dan preventif sebanyak 95 pasien. Pada hasil penelitian menunjukkan karakteristik responden terbesar berusia >50 tahun sebanyak 60 responden, jenis kelamin perempuan 57 responden, dan pekerjaan sebagai ASN sebanyak 43 responden. Ada pengaruh yang signifikan antara tangible dengan kepuasan pasien peserta Prolanis dengan kategori Baik sebanyak 69,7%, Reliability dengan kepuasan pasien peserta Prolanis dengan kategori Baik sebanyak 70,2%, Responsivennes dengan kepuasan pasien peserta Prolanis dengan kategori Baik sebanyak 69,8%, Assurance dengan kepuasan pasien peserta Prolanis dengan kategori Baik sebanyak 66,7%, Empathy dengan kepuasan pasien peserta Prolanis dengan kategori Baik sebanyak 67,7%. Disarankan kepada pihak Klinik Pratama Asy Syifa untuk dapat meningkatkan mutu system informasi lebih efektif dalam menyampaikan informasi seputar kegiatan Prolanis, menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan tidak membedakan status social dan ekonomi dalam memberikan pelayanan.
Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimibng : Dr. EVA OKTAVIDIATI, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Mutu Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pasien, |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 01-Fakultas Ilmu Kesehatan > 13201-(S1) Kesehatan Masyarakat 01-Fakultas Ilmu Kesehatan > 13201-(S1) Kesehatan Masyarakat |
Divisions: | 01-Fakultas Ilmu Kesehatan > 13201-(S1) Kesehatan Masyarakat Subjek Terkait > 01-Fakultas Ilmu Kesehatan > 13201-(S1) Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Mr Muammar Hafiz Khattami |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 03:36 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 03:36 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/879 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |