Winanda, Reski Dio (2025) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA BERBASIS ETNOSTEM MELALUI TABUT. KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA BERBASIS ETNOSTEM MELALUI TABUT, Vol. 8 (No. 2). pp. 106-117. ISSN e-ISSN : 2614-6088 p-ISSN : 2620-732X
![]() |
Text (Artikel Jurnal)
DIO RESKI WINANDA_2184202002_ARTIKEL JURNAL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (303kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada pembelajaran matematika melalui Tabut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kualitatif dengan menggunakan pendekatan Etno-STEM. Penelitian ini melibatkan siswa kelas IX-A SMP Negeri 03 Bengkulu Tengah pada semester ganjil 2024/2025. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara semi-terstruktur. Teknik analisis data yang digunakan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembuatan miniatur Tabut dalam pembelajaran matematika berbasis Etno-STEM dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Risnanosanti, Rahmat Jumri |
Uncontrolled Keywords: | Berpikir kritis matematis, Etno-STEM, Tabut |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika |
Divisions: | 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Atika Ledia Anggraini |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 05:08 |
Last Modified: | 19 Mar 2025 03:55 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/870 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |