KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA BERBASIS ETNOSTEM MELALUI TABUT

Winanda, Reski Dio (2025) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA BERBASIS ETNOSTEM MELALUI TABUT. KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA BERBASIS ETNOSTEM MELALUI TABUT, Vol. 8 (No. 2). pp. 106-117. ISSN e-ISSN : 2614-6088 p-ISSN : 2620-732X

[img] Text (Artikel Jurnal)
DIO RESKI WINANDA_2184202002_ARTIKEL JURNAL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (303kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada pembelajaran matematika melalui Tabut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kualitatif dengan menggunakan pendekatan Etno-STEM. Penelitian ini melibatkan siswa kelas IX-A SMP Negeri 03 Bengkulu Tengah pada semester ganjil 2024/2025. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara semi-terstruktur. Teknik analisis data yang digunakan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembuatan miniatur Tabut dalam pembelajaran matematika berbasis Etno-STEM dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

Item Type: Article
Additional Information: Pembimbing : Risnanosanti, Rahmat Jumri
Uncontrolled Keywords: Berpikir kritis matematis, Etno-STEM, Tabut
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika
07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika
Divisions: 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika
Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Atika Ledia Anggraini
Date Deposited: 17 Mar 2025 05:08
Last Modified: 19 Mar 2025 03:55
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/870

Actions (login required)

View Item View Item