KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA PADA BUDAYA TABUT MELALUI PJBL

Melandri, Marco KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA PADA BUDAYA TABUT MELALUI PJBL. KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA PADA BUDAYA TABUT MELALUI PJBL, Vol. 8 (No. 2). pp. 118-129. ISSN e-ISSN : 2614-6088 p-ISSN : 2620-732X

[img] Text (Jurnal)
MARCO MELANDRI_2184202009_ARTIKEL JURNAL.pdf - Published Version

Download (313kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam proses pembuatan miniatur Tabut sebagai objek pembelajaran pada jenjang SMP. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan Project-Based Learning (PjBL), serta teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara semi terstruktur. Penelitian dilakukan di SMPN 03 Bengkulu Tengah dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IX-A. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Project-Based Learning (PjBL) dalam pembuatan miniatur Tabut dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Simpulannya adalah pendekatan Project-Based Learning (PjBL) dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui pembuatan miniatur Tabut.

Item Type: Article
Additional Information: Pembimbing : Risnanosanti, Mardiah Syofiana
Uncontrolled Keywords: Berpikir kreatif matematis, PjBL, Tabut
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika
07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika
Divisions: 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika
Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Atika Ledia Anggraini
Date Deposited: 17 Mar 2025 05:07
Last Modified: 19 Mar 2025 03:49
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/863

Actions (login required)

View Item View Item