KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 21 BENGKULU TENGAH PADA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA

AFRIYANTI, IZZAH (2024) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 21 BENGKULU TENGAH PADA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI IZZAH AFRIYANTI PRODI MTK 2024.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Jurnal Skripsi)
ARTIKEL IZZAH AFRIYANTI.pdf - Submitted Version

Download (834kB)

Abstract

Literasi matematis menitikberatkan pada kemampuan siswa untuk menganalisis, menjustifikasi, dan mengkomunikasikan ide secara efektif, merumuskan, memecahkan, dan menafsirkan masalah matematis dalam berbagai bentuk dan situasi. Kemampuan tersebut perlu diukur sehingga dapat menjadi acuan untuk mencari cara bagaimana meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa.Tiap-tiap Individu memiliki berbagai tingkat literasi matematis yang berbeda. Untuk mengukur kemampuan literasi matematis siswa tersebut dapat menggunakan level kemampuan literasi matematika PISA (Programme for International Student Assessment) yang ada 6 level, dengan level 1 menjadi pencapaian terendah dan level 6 sebagai tingkat pencapaian tertinggi. Level 1 pada PISA 2022 diperluas lagi menjadi level 1a, 1b, dan 1c. Dimana level 1c merupakan level 1 yang paling rendah. Untuk memperbaiki nilai PISA, pergantian kurikulum dengan kurikulum merdeka dapat menjadi gerbang baru bagi Indonesia untuk pembelajaran yang lebih optimal dalam rangka meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. SMP Negeri 21 Bengkulu Tengah telah menerapkan kurikulum merdeka pada kelas VII dan VIII. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan literasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 21 Bengkulu Tengah pada penerapan kurikulum merdeka. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Adapun subjek yang diteliti yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 21 Bengkulu Tengah terdiri dari 25 siswa yang telah menerapkan kurikulum merdeka. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu tes tertulis berupa 5 soal uraian aritmatika sosial, dan pedoman wawancara. Hasil tes tertulis yang diperoleh digunakan untuk menentukan kategori kemampuan literasi matematika siswa dan sebagai acuan dalam proses wawancara. Enam orang siswa yang terdiri dari 3 orang dengan nilai akhir tertinggi dan 3 orang dengan nilai akhir terendah dipilih untuk mengikuti proses wawancara. Tujuan wawancara adalah untuk memperkuat jawaban siswa dan untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam menjawab soal. Hasil tes tertulis dan wawancara setiap butir soal dianalisis berdasarkan indikator literasi matematis menurut PISA 2022 namun hanya dari level 1 sampai dengan level 3 saja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : dari 25 siswa, 8 siswa berada pada kategori mampu di level 1c, 2 siswa mampu pada level 1b, 1 siswa mampu pada level 1a, dan tidak ada siswa yang berada pada kategori mampu di level 2 dan 3. Rendahnya kemampuan literasi matematis siswa ini bisa xii disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya tidak terbiasanya siswa menyelesaikan soal yang kontekstual, siswa juga mengalami kesulitan dalam memahami informasi yang diberikan dalam soal serta keterbatasan kemampuan siswa dalam mengoperasikan operasi hitung, khususnya perkalian dan pembagian. Siswa dengan tingkat literasi rendah hendaknya diberikan lebih banyak latihan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan literasinya.

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing : (I) Mardiah Syofiana, M.Pd Pembimbing : (II) Drs. Masri, M. Si
Uncontrolled Keywords: Literasi Matematis, Level PISA, Kurikulum Merdeka
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika
07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika
Divisions: 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika
Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Muammar Hafiz Khattami
Date Deposited: 15 Mar 2025 04:40
Last Modified: 15 Mar 2025 04:40
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/860

Actions (login required)

View Item View Item