PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PKn) DALAM MENANAMKAN CIVIC DISPOSITION PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 12 LEBONG

Febiola, Puja (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PKn) DALAM MENANAMKAN CIVIC DISPOSITION PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 12 LEBONG. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI PUJA FEBIOLA (KASET) pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Jurnal)
JURNAL SKRIPSI (PUJA FEBIOLA) pdf.pdf - Submitted Version

Download (694kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn) dalam menanamkan Civic Disposition pada Peserta didik di SMP Negeri 12 Lebong. Terdapat tiga rumusan masalah pada penelitian ini yaitu : 1. Bagaimana peran guru pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan (PKn) dalam menanamkan civic disposition pada peserta didik di kelas VII SMP Negeri 12 Lebong, 2. Bagaimana hambatan guru pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan (PKn) dalam menanamkan civic disposition peserta didik di kelas VII SMP Negeri 12 Lebong, 3. Bagaimana solusi yang dapat dilakukan guru pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan (PKn) dalam menanamkan civic disposition peserta didik di kelas VII SMP Negeri 12 Lebong. Tempat penelitian berlokasi di Tangua, Kecamatan Uram Jaya ,Kabupaten Lebong. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang peneliti temukan menunjukan bahwa guru selaku pelaksana dan pembimbing dalam membentuk civic disposition pada pembelajaran PKn di kelas, Yaitu dengan cara menerapkan pembelajaran aktif, refleksi dan diskusi, dengan melibatkan peserta didik dalam program layanan masyarakat, pemodelan perilaku dengan ini guru akan memberikan contoh yang baik untuk para peserta didik, membangun keterlibatan aktif siswa secara langsung, dan kolaborasi antara orang tua dan pihak sekolah di dalam proses pembentukan civic disposition peserta didik. Sedangkan faktor penghambat/ kendala di dalam pembentukan karakter tersebut terdiri dari tiga faktor yaitu faktor lingkungan pergaulan dimana tempat anak bergaul akan mempengaruhi karakter anak. Kedua yaitu faktor keluarga dimana anak kurang di perhatian dari orang tua nya. Dan faktor yang ketiga sikap siswa itu sendiri yang terus mengulangi kesalahan secara terus menerus hal ini disebabkan oleh kurangnya kesadaran pada diri anak. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PKn dalam menanamkan civic disposition peserta didik di SMP 12 Lebong sudah terlaksana dengan baik

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Dosen Pembimbing : Romadhona Kusuma Yudha., Ṃ.Pd
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PKn, Civic Disposition, Peserta Didik
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Divisions: 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Mr Muammar Hafiz Khattami
Date Deposited: 17 Feb 2025 02:07
Last Modified: 17 Feb 2025 02:07
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/803

Actions (login required)

View Item View Item