DESAIN DIDAKTIS KONSEP INVERS FUNGSI KOMPOSISI UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Parwati, Asti (2024) DESAIN DIDAKTIS KONSEP INVERS FUNGSI KOMPOSISI UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI ASTI PARWATI - PRODI MTK 2024.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Artikel)
ARTIKEL SKRIPSI ASTI PARWATI - PRODI MTK 2024.pdf - Submitted Version

Download (465kB)

Abstract

Dalam pembelajaran matematika, penguasaan konsep sangat penting karena setiap konsep saling berhubungan satu sama lain. Jika suatu konsep tidak dikuasai dengan baik, akan muncul hambatan belajar atau learning obstacle. Untuk meminimalisir hambatan belajar tersebut, perlu dirancang desain didaktis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain didaktis pada konsep inver fungsi komposisi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menerapkan penelitian desain didaktis yang meliputi: (1) tahap analisis prospektif, (2) tahap metapedadidaktis, dan (3) tahap retrospektif. Teknik pengumpulan data melibatkan tes kemampuan responden (TKR) dan wawancara. Penelitian ini melibatkan 30 siswa kelas XI SMA Negeri 8 Seluma dan 5 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu yang telah mempelajari konsep invers fungsi komposisi. Dalam penelitian ini ditemukan hambatan epistemologis, yaitu responden tidak memahami konsep invers fungsi komposisi dan penyelesaian permasalahan invers fungsi komposisi dalam bentuk diagram panah. Berdasarkan temuan ini, dirancang Hypothetical Learning Trajectory (HLT) dan desain didaktis untuk meminimalisir hambatan belajar tersebut. Dalam desain didaktis yang dirancang terdapat 5 situasi didaktis. Implementasi desain didaktis dilakukan pada 5 siswa kelas XI SMAN 8 Seluma, yang menunjukkan bahwa desain didaktis ini efektif dalam meminimalisir hambatan belajar epistemologis

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Dosen Pembimbing I : Dr. Winda Ramadianti M.Pd, , Dosen Pembimbing II : Dr. Adi Asmara, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Desain Didaktis, Hambatan Belajar, Invers Fungsi Komposisi
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika
07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika
Divisions: 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika
Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Muammar Hafiz Khattami
Date Deposited: 08 Mar 2025 06:14
Last Modified: 08 Mar 2025 06:14
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/799

Actions (login required)

View Item View Item