Parwati, Asti (2024) DESAIN DIDAKTIS KONSEP INVERS FUNGSI KOMPOSISI UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Skripsi)
SKRIPSI ASTI PARWATI - PRODI MTK 2024.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Artikel)
ARTIKEL SKRIPSI ASTI PARWATI - PRODI MTK 2024.pdf - Submitted Version Download (465kB) |
Abstract
Dalam pembelajaran matematika, penguasaan konsep sangat penting karena setiap konsep saling berhubungan satu sama lain. Jika suatu konsep tidak dikuasai dengan baik, akan muncul hambatan belajar atau learning obstacle. Untuk meminimalisir hambatan belajar tersebut, perlu dirancang desain didaktis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain didaktis pada konsep inver fungsi komposisi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menerapkan penelitian desain didaktis yang meliputi: (1) tahap analisis prospektif, (2) tahap metapedadidaktis, dan (3) tahap retrospektif. Teknik pengumpulan data melibatkan tes kemampuan responden (TKR) dan wawancara. Penelitian ini melibatkan 30 siswa kelas XI SMA Negeri 8 Seluma dan 5 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu yang telah mempelajari konsep invers fungsi komposisi. Dalam penelitian ini ditemukan hambatan epistemologis, yaitu responden tidak memahami konsep invers fungsi komposisi dan penyelesaian permasalahan invers fungsi komposisi dalam bentuk diagram panah. Berdasarkan temuan ini, dirancang Hypothetical Learning Trajectory (HLT) dan desain didaktis untuk meminimalisir hambatan belajar tersebut. Dalam desain didaktis yang dirancang terdapat 5 situasi didaktis. Implementasi desain didaktis dilakukan pada 5 siswa kelas XI SMAN 8 Seluma, yang menunjukkan bahwa desain didaktis ini efektif dalam meminimalisir hambatan belajar epistemologis
Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing I : Dr. Winda Ramadianti M.Pd, , Dosen Pembimbing II : Dr. Adi Asmara, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Desain Didaktis, Hambatan Belajar, Invers Fungsi Komposisi |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika |
Divisions: | 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Muammar Hafiz Khattami |
Date Deposited: | 08 Mar 2025 06:14 |
Last Modified: | 08 Mar 2025 06:14 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/799 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |