Habi Burraman, Ahmad (2024) PERSEPSI GURU PKN TERHADAP PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 6 BENGKULU SELATAN. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Skripsi)
SKRIPSI AHMAD HABI BURRAMAN PKN TERBARU 2024.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Jurnal)
JURNAL SKRIPSI AHMAD HABI BURRAMAN PKN TERBARU 2024.pdf - Submitted Version Download (291kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan kurikulum merdeka di SMA Negeri 6 Bengkulu Selatan dan mengetahui persepsi guru PKn di SMA Negeri 6 Bengkulu Selatan melihat penerapan kurikulum merdeka. Terdapat 2 rumusan masalah pada penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana Efektivitas Kurikulum Merdeka SMA Negeri 6 Bengkulu Selatan tahun 2024, 2) Bagaimana persepsi guru PKn di SMA Negeri 6 Bengkulu Selatan tentang penerapan Kurikulum Merdeka Tahun 2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun manfaat penelitian ini yaitu : 1) manfaat teoritis penelitian ini di harapkan mampu membuktikan peningkatan strategi kinerja guru, 2) manfaat praktis : bagi guru, bagi pendidikan, bagi peneliti, bagi peneliti selanjutnya. Dalam pengumpulan data penelitian ini di lakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan teknik kualitatif Miles dan Huberman dengan beberapa langkah : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh : Meskipun terdapat beberapa kendala dalam implementasi, baik guru maupun siswa menilai bahwa Kurikulum Merdeka cukup efektif dalam meningkatkan pembelajaran PKN. Namun, mereka juga menyadari bahwa masih ada ruang untuk perbaikan, terutama dalam hal meningkatkan kompetensi guru dan memperluas akses siswa terhadap sumber daya pembelajaran yang memadai. Guru melaporkan bahwa interaksi yang lebih aktif antara guru dan siswa telah meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Selain itu, kemampuan siswa untuk mengaitkan konsep-konsep yang mereka pelajari dengan situasi nyata telah menjadi indikator keberhasilan dari Kurikulum Merdeka ini. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa meskipun terdapat beberapa kendala dalam implementasinya, baik guru maupun siswa menilai bahwa Kurikulum Merdeka cukup efektif dalam meningkatkan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN). Guru PKN di SMA Negeri 6 Bengkulu Selatan secara umum memberikan tanggapan positif terhadap penerapan Kurikulum Merdeka. Mereka melihat adanya peningkatan dalam pemahaman siswa terhadap materi PKN dan minat belajar mereka setelah menerapkan Kurikulum Merdeka.
Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing : Drs. Zulyan, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Guru, Efektivitas, Kurikulum Merdeka. |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Divisions: | 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Mr Muammar Hafiz Khattami |
Date Deposited: | 08 Mar 2025 06:09 |
Last Modified: | 08 Mar 2025 06:09 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/778 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |