ADRIAN SUYANTO, FERDI (2024) STRATEGI KOMUNIKASI POSITIONING AMANIE WEDDING ORGANIZER BENGKULU DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Skripsi)
SKRIPSI FERDI ADRIAN SUYANTO.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Jurnal Skripsi)
FERDI ADRIAN SUYANTO-1.pdf - Submitted Version Download (783kB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada analisis strategi komunikasi positioning yang diterapkan oleh Amanie Wedding Organizer dalam upaya mempertahankan eksistensinya di industri pernikahan Indonesia yang semakin kompetitif. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, studi ini mengeksplorasi bagaimana Amanie Wedding Organizer merumuskan dan mengimplementasikan strategi komunikasinya untuk tetap relevan di pasar yang dinamis. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pemilik, karyawan, dan pelanggan Amanie Wedding Organizer, serta observasi dan analisis dokumen. Teori positioning dari Al Ries dan Jack Trout digunakan sebagai kerangka analisis utama dalam penelitian ini dan juga peneliti menggunakan 6 unsur yang ada di teori positioning yaitu Identifikasi Pasar Sasaran, Analisis Kompetitif, Persepsi Konsumen, Komunikasi Positioning, Keunikan dan Keberlanjutan, Konsistensi Internal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Amanie Wedding Organizer menerapkan strategi komunikasi positioning yang berfokus pada pemahaman mendalam terhadap kebutuhan pasar, penciptaan identitas unik, dan penyampaian pesan yang konsisten melalui berbagai saluran komunikasi. Strategi ini meliputi pemanfaatan teknologi digital, pengembangan konten berkualitas, dan penekanan pada layanan personal. Tantangan utama yang dihadapi meliputi menjaga konsistensi pesan di pasar yang dinamis, beradaptasi dengan tren yang cepat berubah, dan menyeimbangkan penggunaan teknologi digital dengan layanan personal. Namun, pendekatan adaptif dan fokus pada inovasi memungkinkan Amanie Wedding Organizer untuk mempertahankan posisinya sebagai pilihan utama dalam industri pernikahan. Penelitian ini memberikan wawasan berharga tentang strategi komunikasi positioning dalam konteks industri jasa, khususnya wedding organizer, dan dapat menjadi referensi bagi pelaku industri serta peneliti di bidang komunikasi pemasaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing : Mukhlizar, M.I.Kom |
Uncontrolled Keywords: | Strategi komunikasi Positioning, Wedding Organizer, Eksistensi |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi |
Divisions: | 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi Subjek Terkait > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mr Muammar Hafiz Khattami |
Date Deposited: | 08 Mar 2025 06:09 |
Last Modified: | 08 Mar 2025 06:09 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/777 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |