INOVASI PELAYANAN PROGRAM THREE IN ONE (3 IN 1) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BENGKULU

Nopiansa, Aldo (2024) INOVASI PELAYANAN PROGRAM THREE IN ONE (3 IN 1) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
ALDO NOPIANSA_NPM.2063201009.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
ARTIKEL_ALDO NOPIANSA_2063201009.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (412kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji inovasi Pelayanan Three In One (3 In 1) dan faktor pendukung dan penghambat inovasi Pelayanan Three In One (3 In 1) dalam pelayanan administrasi kependudukan Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis menggunakan model inovasi kebijakan publik George C. Edward III dan indikator pengukuran kinerja birokrasi publik yang dikemukakan oleh Agus Dwiyanto. Hasil penelitian menunjukkan komunikasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota bengkulu dilakukan dengan beberapa lembaga pendukung. Sumber Daya sudah cukup memadai dan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), Pelayanan Three In One (3 In 1) dapat meningkatkan cakupan kepemilikan Akta Kematian, Kartu Keluarga (KK), dan Kartu Tanda Penduduk (cerai mati), pelayanan dikerjakan dalam waktu singkat dan tidak menggunakan biaya administrasi/gratis. Respon yang diberikan masyarakat terhadap Pelayanan Three In One (3 In 1) sebagian besar sudah memberikan respon positif. Masyarakat dapat menerima 3 (tiga) dokumen yaitu Akta Kematian, Kartu Keluarga (KK), dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Cerai mati. Pelaksanaan didukung dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota bengkulu melakukan sosialisasi dengan bekerjasama dengan Kecamatan,dan kelurahan Kota Bengkulu.Adapun hambatan yang dihadapi yaitu kurangnya pemahan masyarakan akan pentingya kepemilikan Akte Kematian. Inovasi Pelayanan Three in One (3 in 1) berhasil meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan mendukung tata pemerintahan yang baik (good governance). Saran kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu yaitu harus lebih meningkatkan sosialisasi dengan lembaga terkait, sosialisasi juga dapat dilakukan melalui media sosial maupun media cetak, menambah pegawai pembantu untuk penyerahan dan pengambilan dokumen Akte Kematian.

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Dosen Pembimbing : Dr.Titi Darmi, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Administrasi Kependudukan, Pelayanan Three In One (3 In 1).
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-(S1) Administrasi Publik
08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-(S1) Administrasi Publik
Divisions: 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-(S1) Administrasi Publik
Subjek Terkait > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-(S1) Administrasi Publik
Depositing User: Mr Muammar Hafiz Khattami
Date Deposited: 04 Feb 2025 06:53
Last Modified: 04 Feb 2025 06:53
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/763

Actions (login required)

View Item View Item