Nopiansa, Aldo (2024) INOVASI PELAYANAN PROGRAM THREE IN ONE (3 IN 1) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Skripsi)
ALDO NOPIANSA_NPM.2063201009.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
ARTIKEL_ALDO NOPIANSA_2063201009.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (412kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji inovasi Pelayanan Three In One (3 In 1) dan faktor pendukung dan penghambat inovasi Pelayanan Three In One (3 In 1) dalam pelayanan administrasi kependudukan Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis menggunakan model inovasi kebijakan publik George C. Edward III dan indikator pengukuran kinerja birokrasi publik yang dikemukakan oleh Agus Dwiyanto. Hasil penelitian menunjukkan komunikasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota bengkulu dilakukan dengan beberapa lembaga pendukung. Sumber Daya sudah cukup memadai dan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), Pelayanan Three In One (3 In 1) dapat meningkatkan cakupan kepemilikan Akta Kematian, Kartu Keluarga (KK), dan Kartu Tanda Penduduk (cerai mati), pelayanan dikerjakan dalam waktu singkat dan tidak menggunakan biaya administrasi/gratis. Respon yang diberikan masyarakat terhadap Pelayanan Three In One (3 In 1) sebagian besar sudah memberikan respon positif. Masyarakat dapat menerima 3 (tiga) dokumen yaitu Akta Kematian, Kartu Keluarga (KK), dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Cerai mati. Pelaksanaan didukung dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota bengkulu melakukan sosialisasi dengan bekerjasama dengan Kecamatan,dan kelurahan Kota Bengkulu.Adapun hambatan yang dihadapi yaitu kurangnya pemahan masyarakan akan pentingya kepemilikan Akte Kematian. Inovasi Pelayanan Three in One (3 in 1) berhasil meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan mendukung tata pemerintahan yang baik (good governance). Saran kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu yaitu harus lebih meningkatkan sosialisasi dengan lembaga terkait, sosialisasi juga dapat dilakukan melalui media sosial maupun media cetak, menambah pegawai pembantu untuk penyerahan dan pengambilan dokumen Akte Kematian.
Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing : Dr.Titi Darmi, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Publik, Administrasi Kependudukan, Pelayanan Three In One (3 In 1). |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-(S1) Administrasi Publik 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-(S1) Administrasi Publik |
Divisions: | 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-(S1) Administrasi Publik Subjek Terkait > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-(S1) Administrasi Publik |
Depositing User: | Mr Muammar Hafiz Khattami |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 06:53 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 06:53 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/763 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |