PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW MENGGUNAKAN BOOKLET TERHADAP HASIL BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 01 SELUMA

Okta Delta, Intan (2024) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW MENGGUNAKAN BOOKLET TERHADAP HASIL BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 01 SELUMA. Tesis (Masters) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Tesis)
TESIS INTAN_bismilah acc cetak(real 2) (1).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (Jurnal)
submit jurnal JPPIPA_intan okta delta(berpikir kritis).pdf - Submitted Version

Download (249kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh model Cooperative Learning tipe Jigsaw menggunakan booklet terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMAN 01 Seluma 1. Subjek penelitian berjumlah 68 orang siswa kelas X MIPA D sebagai kelas eksperimen dan X MIPA H sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan sedangkan kelas kontrol tidak diberikan perlakuan. Kedua kelas diberikan pretest-posttest. Data pretest-posttest siswa dianalisis menggunakan uji T. untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran biologi materi keanekaragaman hayati yang dilaksanakan pada kelas kontrol dan eksperimen. Berdasarkan uji T ditemukan bahwa terdapat pengaruh model Cooperative Learning tipe Jigsaw menggunakan booklet keanekaragaman jenis ikan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XMIPA D SMAN 01 Seluma. Hal ini disimpulkan berdasarkan nilai signifikansi pada uji T yang lebih kecil dari 0,05, pada uji T hasil belajar kognitif yaitu 0,003 < 0,05 sehingga H0 ditolak H1 diterima. Pada uji T kemampuan berpikir kritis yaitu 0,002 < 0,05 sehingga H0 ditolak H1 diterima.

Item Type: Thesis (Tesis (Masters))
Additional Information: Dosen Pembimbing I : Dr. Tomi Hidayat, M.Pd , Dosen Pembimbing II : Dr. Nopriyeni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning Tipe Jigsaw; Booklet; Hasil Belajar Kognitif; Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 09-Program Pascasarjana > 84105-(S2) Pendidikan Biologi
09-Program Pascasarjana > 84105-(S2) Pendidikan Biologi
Divisions: 09-Program Pascasarjana > 84105-(S2) Pendidikan Biologi
Subjek Terkait > 09-Program Pascasarjana > 84105-(S2) Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Muammar Hafiz Khattami
Date Deposited: 04 Feb 2025 03:20
Last Modified: 04 Feb 2025 03:20
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/747

Actions (login required)

View Item View Item