STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TOKO BUKU GRAMEDIA KOTA BENGKULU DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN

Agustina, Intan (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TOKO BUKU GRAMEDIA KOTA BENGKULU DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI ANALISIS_STRATEGI_KOMUNIKASI_PEMASARAN_INTAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Jurnal)
jurnal INTAN AGUSTINA (1).pdf - Submitted Version

Download (217kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh Toko Buku Gramedia Di Kota Bengkulu guna meningkatkan penjualan serta penerapan teori marketing mix dalam mempengaruhi peningkatan penjualan. Permasalahan yang dikaji adalah rendahnya tingkat penjualan yang mungkin disebabkan oleh kurangnya strategi komunikasi pemasaran yang efektif. Guna mengetahui strategi pemasaran apa yang cocok untuk meningkatkan penjualan yang dapat diterapkan oleh Toko Buku Gramedia Di Kota Bengkulu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Marketing mix/4P (Product, Price, Place, Promotion), digunakan sebagai kerangka teoritis untuk menganalisis bagaimana keempat elemen ini diterapkan dalam konteks pemasaran Toko Buku Gramedia di Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Narasumber terdiri dari 4 Orang yaitu Asisten Manajer, dan 3 orang karyawan Toko Buku Gramedia. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara mendalam dengan Asisten Manajer dan karyawan Toko Buku Gramedia. Analisis observasi dan tinjuan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Toko Buku Gramedia di Kota Bengkulu menggunakan strategi komunikasi pemasaran yang berfokus pada pengelolaan aspek 4P. Teori marketing mix dapat menjadi landasan strategi yang kuat bagi Toko Buku Gramedia dalam mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan dan kompetitif. Peneliti menunjukkan bahwa kualitas (produk) yang mereka tawarkan sangat bagus dengan inovasi yang terus berkembang, dan strategi penerapan (harga) yang mereka tawarkan cukup terjangkau yang merupakan faktor kunci ketertarikan konsumen, selain itu kemudahan akses (tempat) dalam pembelian buku yang mempermudah konsumen untuk menjangkaunya, serta (promosi) yang dilakukan baik secara langsung maupun melalui media sosial salah satunya yaitu media sosial Instagram

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Dosen Pembimbing : Riswanto, M.I.Kom
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran, Gramedia Kota Bengkulu
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi
08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi
Divisions: 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi
Subjek Terkait > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr Muammar Hafiz Khattami
Date Deposited: 19 Feb 2025 04:09
Last Modified: 19 Feb 2025 04:09
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/741

Actions (login required)

View Item View Item