Hages Tina, Tentri (2024) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DALAM PROSES ZONASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SMPN 18 BENGKULU TENGAH. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Skripsi)
skripsi teten.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Jurnal)
jurnal tentri hgstna.pdf - Submitted Version Download (475kB) |
Abstract
Implementasi Kebijakan Dalam Proses Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru di SMPN 18 Bengkulu Tengah. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Dosen Pembimbing: Drs, Zulyan, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan sistem zonasi dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kebijakan sistem zonasi penerimaan peserta didik baru jenjang SMPN 18 Bengkulu Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode diskripif. Penelitian ini diperoleh melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Sistem zonasi adalah sistem rekrutmen peserta didik dengan penentuan skala radius/ zona yang di tetapkan oleh pemerintah daerah masing- masing, dan sekolah diwajibkan menerima calon peserta didik baru yang berdomisili pada radius zona terdekat dengan persentase tertentu dari total jumlah peserta didik yang akan diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya penerapan kebijakan zonasi dalam penerimaan peserta didik baru di SMPN 18 Bengkulu Tengah ini Ada beberapa masalah yang timbul akibat adanya kebijakan sistem zonasi baik itu pada siswa, orang tua, guru, dan juga masyarakat. Keinginan untuk menimba pengetahuan di sekolah favorit menjadi luntur dan terpaksa harus menerima kenyataan masuk sekolah non-favorit. Mutu pendidikan yang rendah dan fasilitas sarana penunjang pembelajaran yang kurang memadai di sekolah non-favorit menjadi alasan sepinya minat siswa untuk menimba pengetahuan di sekolah tersebut. Dampak sistem zonasi Secara keseluruhan, kebijakan zonasi membawa dampak yang kompleks dan beragam bagi guru. Diperlukan dukungan yang konsisten dari pihak sekolah, pemerintah, dan komunitas untuk memastikan bahwa dampak positif dapat dimaksimalkan dan dampak negatif dapat diminimalkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing : Drs. Zulyan, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi kebijakan zonasi, penerimaan peserta didik |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Divisions: | 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Mr Muammar Hafiz Khattami |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 02:19 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 02:19 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/738 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |