ANALISIS INOVASI PELAYANAN PRIMA DI KANTOR CAMAT AIR NIPIS KABUPATEN BENGKULU SELATAN

marisa, Wica (2024) ANALISIS INOVASI PELAYANAN PRIMA DI KANTOR CAMAT AIR NIPIS KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
CETAK SKRIPSI WICA.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Artikel)
12. ARTIKEL WICA 10.07.2024.pdf - Submitted Version

Download (393kB)

Abstract

Terdapat banyak aspek kehidupan sosial nasional yang pada dasarnya berkaitan dengan pelayanan publik. Tanggung jawab untuk menyediakan layanan publik yang penting, seperti layanan kesehatan, pendidikan, dan teknologi informasi, berada di tangan pemerintah. Layanan SAPAANMALAM (Sistem Administrasi Pelayanan Aspiratif Air Nipis Malam Hari) dan Aplikasi Facebook, grup WhatsApp, merupakan beberapa inovasi fasilitas dan layanan informasi publik yang ditawarkan Pemerintah Kabupaten Air Nipis di Kabupaten Bengkulu Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan cara baru agar sektor publik dapat menggunakan fitur layanan SAPAANMALAM (Sistem Administrasi Pelayanan Aspiratif Air Nipis Malam Hari) Sistem Administrasi Pelayanan Aspiratif Air Nipis Malam Hari) Sistem Administrasi Pelayanan Aspiratif Air Nipis Malam Hari) pada aplikasi grup Facebook WhatsApp. Gabungan metodologi penelitian deskriptif dan kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Wawancara, observasi, dan rekaman terkait aplikasi Facebook, grup WA, dan layanan SAPAANMALAM (Sistem Administrasi Pelayanan Aspiratif Air Nipis Malam Hari) digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Menurut pendekatan teoretis Rogers (2003), yang mengusulkan agar pengguna aplikasi Facebook Metrics, grup WA, dan kepatuhan layanan SAPAANMALAM (Sistem Administrasi Pelayanan Aspiratif Air Nipis Malam Hari) memperoleh banyak manfaat dari profitabilitas relatif, data ini selanjutnya dapat diperiksa secara kualitatif dengan memeriksa semua data yang dikumpulkan, yang didukung oleh hasil wawancara. Baik inovasi sebelumnya maupun sekarang sangatlah mudah; pengguna aplikasi menghadapi sedikit masalah dan memiliki kesempatan untuk mengujinya. Memiliki hasil yang mengagumkan dan akan diperhatikan oleh orang-orang di semua tingkatan sosial. Berdasarkan hasil penelitian, aplikasi grup WA Facebook dan layanan SAPAANMALAM menunjukkan tingkat inovasi pelayanan publik yang tinggi. Lima indikator inovasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah keunggulan relatif, penerapan, kompleksitas, kemungkinan dicoba, dan kemungkinan diamati.

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Dosen Pembimbing : Dr. Sri Indarti, M.Si
Uncontrolled Keywords: Inovasi Pelayanan
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-(S1) Administrasi Publik
08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-(S1) Administrasi Publik
Divisions: 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-(S1) Administrasi Publik
Subjek Terkait > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-(S1) Administrasi Publik
Depositing User: Mr Muammar Hafiz Khattami
Date Deposited: 17 Feb 2025 02:54
Last Modified: 17 Feb 2025 02:54
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/731

Actions (login required)

View Item View Item