ANALISIS BAHASA IKLAN PADA RAKYAT BENGKULU TELEVISI (RBTV

Sari, Idha (2024) ANALISIS BAHASA IKLAN PADA RAKYAT BENGKULU TELEVISI (RBTV. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
Skripsi idha sari.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Jurnal)
JURNAL SKRIPSI IDHA SARI.pdf - Submitted Version

Download (398kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk bahasa iklan di stasiun televisi lokal RBTV di Kota Bengkulu? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman yang tepat, rinci, dan mendalam tentang: pendeskripsian bahasa iklan pada iklan di stasiun televisi lokal RBTV di Kota Bengkulu. Manfaat penelitian ini yaitu, 1) bagi pembaca penelitian tentang bahasa iklan ini Penelitian tentang bahasa iklan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan bagi pembaca tentang makna sebuah iklan dan membantu pembaca agar paham terhadap bahasa yang digunakan dalam iklan, (2) bagi pembuat Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada produsen sebuah produk atau biro iklan mengenai cara pembuatan iklan dengan menggunakan bahasa yang komunikatif agar dapat diterima, (3) bagi pembeli Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan bagi pembeli atau masyarakat tentang pilihan kata dan penggunaan kalimat yang tepat di sebuah iklan serta membantu pembeli agar bisa memahami bahasa yang digunakan dalam sebuah iklan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan menggunakan metode simak dengan menggunakan teknik simak, rekam dan teknik catat. Langkah-langkah analisis data sebagai berikut (1) data iklan yang telah ditranslitkan ke dalam bentuk tulisan, kemudian diidentifikasi sesuai dengan data yang diperlukan yaitu penggunaan bahasa iklan, (2) dianalisis untuk dideskripsikan, (3) selanjutnya data penggunaan bahasa iklan diinterprestasikan, (4) menarik kesimpulan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan analsis data, peneliti dapat menarik kesimpulkan bahwa jenis bahasa iklan yang ditemukan dalam iklan di televisi RBTV sebanyak 73 data. Dari 73 data tersebut terdiri dari (1) jelas ditemuakan sebanyak 16 data dengan persentase 21,91%, (2) informatif ditemukan sebanyak 18 data dengan persentase sebesar 24,65%, (3) bertenaga gerak ditemukan sebanyak 5 data dengan persentase sebesar 6,84%, dan (4) persuasif ditemukan sebanyak 34 data dengan persentase sebesar 46,57%. Jenis bahasa iklan yang dominan ditemukan adalah bahasa iklan persuasif dengan persentase sebesar 46,57% karena memang dalam mengiklankan suatu produk atau jasa pada dasarnya adalah untuk mengajak atau membujuk calon konsumen agar membeli produk atau jasa yang diiklankan. Sedangkan yang paling sedikit adalah bertenaga gerak

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Dosen Pembimbing : Ajat Manjato, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Analisis, bahasa iklan, televisi RBTV .
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-(S1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-(S1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-(S1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-(S1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Muammar Hafiz Khattami
Date Deposited: 03 Feb 2025 02:03
Last Modified: 03 Feb 2025 02:03
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/726

Actions (login required)

View Item View Item