PEMANFAATAN MEDIA TIKTOK SEBAGAI PLATFORM BELANJA DIGITAL BAGI MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Rozali, Luki Al (2023) PEMANFAATAN MEDIA TIKTOK SEBAGAI PLATFORM BELANJA DIGITAL BAGI MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Turnitin Skripsi)
UMB SKRIPSI LUKI (1).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki sejauh mana mahasiswa memanfaatkan platform TikTok sebagai sarana belanja digital. Dengan menganalisis penggunaan media ini, penelitian ini berupaya memahami perilaku konsumen mahasiswa dalam melakukan transaksi online melalui TikTok. Tujuan lainnya mencakup mengevaluasi kepuasan pengguna terhadap pengalaman belanja di TikTok, dan memberikan wawasan tentang potensi perkembangan platform ini sebagai alat pemasaran dan perdagangan digital. Studi pada mahaasiswa prodi ilmu komunikasi angkatan 2019 universitas Muhammadiyah Bengkulu. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang akan memperoleh data deskriptif bersifat uraian kata-kata tertulis ataupun lisan dari informan penelitian dengan menggunakan teori uses and gratifications Herbert Blumer dan Elihu Katz pada 1974 dengan tipe gartificaitons sought dan gratifications obtained sebagai landasan dalam menganalisa pemanfaatan media tiktok sebagai platform belanja digital bagi mahasiswa ilmu komunikasi angkatan 2019 universitas muhammadiyah Bengkulu.Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial tiktok dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan fisiologis mahasiswa seperti kebutuhan mereka untuk berbelanja, kemudian kebutuhan sosial seperti mahasiswa yang memanfaatkan platform belanja digital untuk memenuhi standar fashion, serta kebutuhan harga diri seperti yang dilakukan oleh mahasiswa dengan memperbaiki penampilan agar lebih meningkatkan harga diri serta prestasi yang telah dicapai, dan kebutuhan aktualisasi diri yaitu mahasiswa yang memenuhi kebutuhan diri dengan cara berbelanja. Pemanfaatan media tiktok sebagai platform belanja digital merupakan salah satu inovasi yang dilakukan tiktok sebagai media oline yang mengikuti perkembangan zaman, serta memudahkan untuk pengguna dalam memenuhi kebutuhan dan kepuasan karena telah mendapatkan apa yang di inginkan

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing : Fitria Yuliani
Uncontrolled Keywords: Media Sosial Tiktok, Pemanfaatan Media
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi
08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi
Divisions: 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi
Subjek Terkait > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr Muammar Hafiz Khattami
Date Deposited: 20 Jan 2025 02:28
Last Modified: 20 Jan 2025 02:28
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/673

Actions (login required)

View Item View Item