PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI MENGGUNAKAN SOFTWARE POWTOON TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Baseko, Aga (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI MENGGUNAKAN SOFTWARE POWTOON TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI_AGA MTK.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Matematika adalah ilmu dasar yang bersifat abstrak sehingga diperlukan adanya media pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk lebih memvisualisasikan matematika. keterampilan yang harus dimiliki siswa agar dapat bersaing di abad 21 difokuskan pada keterampilan 4C yaitu: 1) keterampilan berpikir kreatif (creative thinking), 2) berpikir kritis dan pemecahan masalah (critical thinking and problem solving), 3) komunikasi (comunication), 4) kolaborasi (collaboration). Hal tersebut menunjukkan bahwa salah satu keterampilan yang penting untuk mengadapi tantangan di abad 21 yaitu berpikir kritis. Jika kemampuan berfikir kritis siswa masih rendah, maka diperlukan pengembangan media pembelajaran salah satunya video animasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses validasi dan kepraktisan video animasi pembelajaran menggunakan software powtoon. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif dari angket. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP 15 Lebong yang berjumlah 17 siswa. Data diperoleh dengan observasi dan angket. Model pengembangan ADDIE (Analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket ahli media, angket ahli materi, angket respon siswa, dan angket guru. Dari hasil proses penelitian didapat nilai ahli media dengan skor rata-rata 95,33% (kategori sangat layak), sedangkan oleh ahli materi diperoleh skor rata-rata 91,11%(kategori sangat layak) sehingga media termasuk dalam kategori valid. Dari hasil angket validasi media pembelajaran oleh guru video animasi Powtoon diperoleh skor rata-rata 91,66% (kategori sangat layak), sehingga memenuhi aspek kelayakan produk. Dari angket kepraktisan siswa diperoleh skor rata-rata 82,74% (kategori praktis). Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa media video animasi menggunakan software powtoon terhadap kemampuan berfikir kritis materi SPLDV telah memenuhi kriteria valid, dan praktis

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing : Drs. Kashardi, M.Pd Pembimbing : Mardiah Syofiana, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Powtoon, ADDIE, Berfikir Kritis, SPLDV
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika
07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika
Divisions: 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika
Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Muammar Hafiz Khattami
Date Deposited: 12 Nov 2024 02:04
Last Modified: 12 Nov 2024 02:06
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/660

Actions (login required)

View Item View Item