PENERAPAN NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM UPAYA MENGATASI BULLYING DIKALANGAN PELAJAR DI SMA NEGERI 3 KABUPATEN BENGKULU TENGAH TAHUN 2022-2023

HARI, AKHMAD (2023) PENERAPAN NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM UPAYA MENGATASI BULLYING DIKALANGAN PELAJAR DI SMA NEGERI 3 KABUPATEN BENGKULU TENGAH TAHUN 2022-2023. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI-AKHMAD HARI.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk guru mengatasi pelajar yang melakukan tindakan bullying di SMA Negeri 3 Kabupaten Bengkulu Tengah. 2) untuk mengetahui hambatan yang dikaji dalam mengatasi bullying dikalangan pelajar SMA Negeri 3 Kabupaten Bengkulu Tengah. 3) untuk mengetahui penerapan nilai-nilai religius dalam upaya mengatasi bullying dikalangan pelajar di SMA Negeri 3 Kabupaten Bengkulu Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Peneliti mendapatkan informasi langsung dengan teknik wawancara dari Guru PPKn dan Guru BK SMA Negeri 3 Kabupaten Bengkulu Tengah. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut. 1) adapun cara dalam mengatasi bullying di SMA Negeri 3 Bengkulu Tengah antara lain, mencari akar permasalahan dengan cara bertanya seputar alasan siswa melakukan bullying, memberikan hukuman yang sebagai penguatan negative yang bertujuan untuk memberikan efek jera bagi siswa pelaku bullying, membuat kelompok belajar, menasehati/memberikan himbauan kepada siswa pelaku bullying maupun kepada siswa yang berpotensi menjadi pelaku bullying, menerapkan serta mengkampanyekan “stop bullying” dan pengawasan. 2) hambatan yang ditemui oleh guru dalam mengatasi perilaku bulliying dikalangan pelajar SMA Negeri 3 Bengkulu Tengah diantaranya, kesulitan dalam mengontrol perilaku siswa jika berada diluar lingkungan SMA Negeri 3 Bengkulu Tengah, tidak terbukanya siswa korban bullying untuk melapor kepada guru, kurangnya pemahaman guru terhadap bahaya bullying. Untuk itu guru harus harus menyelesaikan segala hambatan yang ada dan mencegah agar perilaku bullying tidak terjadi kembali. 3) perilaku bullying harus segera di hentikan meskipun dalam mewujudkannya membutuhkan bantuan dari berbagai elemen pendidikan seperti guru, siswa sendiri, keluarga dan seluruh staf sekolah, sehingga bullying tidak disikapi sebagai suatu tindakan wajar dan bukan bentuk dari penyiksaan yang menimbulkan korban. Pendidikan Karakter Religius memiliki peranan penting dalam membentuk kekuatan moral, akhlak mulia, dan budi pekerti bagi remaja. Remaja yang mampu mengamalkan nilai-nilai islam yang bersumber dari keteladanan Rasulullah dalam bersikap dan berperilaku akan mudah mengurangi perilaku Bullying.

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing : Elfahmi Lubis, S.H, S.Pd, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Nilai religius, Bullying, Pelajar
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Divisions: 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Mr Muammar Hafiz Khattami
Date Deposited: 11 Nov 2024 03:51
Last Modified: 11 Nov 2024 03:51
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/656

Actions (login required)

View Item View Item