TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII A SMP NEGERI 02 REJANG LEBONG TAHUN AJARAN 2021/2022

Padilla, Diyoko Esa (2022) TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII A SMP NEGERI 02 REJANG LEBONG TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Jurnal)
JURNAL SKRIPSI DIYOKO ESA PADILLA PRODI PBSI 2022.pdf - Published Version

Download (266kB)
[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI DIYOKO ESA PADILLA PRODI PBSI 2022.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (851kB) | Request a copy

Abstract

Tindak tutur direktif merupakan aspek penting yang digunakan dalam interaksi belajar mengajar. Oleh karena itu, perlu diperhatikan pemakaian tindak tutur direktif yang dituturkan guru dan siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan jenis dan fungsi tindak tutur direktif dalam interaksi belajar mengajar mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMP Negeri 02 Rejang Lebong Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah teknik SBLC (Simak Bebas Libat Cakap) dan teknik catat. Analisis data menggunakan teknik padan pragmatik. Penentuan jenis tindak tutur direktif dalam interaksi belajar mengajar mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia didasarkan pada indikator jenis tindak tutur direktif yang diturunkan dari teori Ibrahim. Hasil penelitian pada interaksi belajar mengajar mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMP Negeri 02 Rejang Lebong Tahun Ajaran 2021/2022. menunjukkan bahwa penggunaan jenis pertanyaan lebih banyak digunakan, apabila dibandingkan dengan penggunaan jenis tindak tutur direktif yang lain. Hal tersebut dapat dilihat pada deskripsi hasil penelitian yang menunjukkan bahwa jenis pertanyaan lebih dominan dipakai dengan jumlah 46 tuturan dari jumlah 100 tuturan direktif. Jenis tindak tutur direktif yang ditemukan meliputi jenis permintaan, pertanyaan, perintah, larangan, pemberian izin, nasihat.

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Dosen Pembimbing : Drs. Mahdiyah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Tindak Tutur Direktif dan Interaksi Belajar Mengajar
Subjects: L-Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pelajaran kedua. Sekolah menengah
Divisions: 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-(S1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Muammar Hafiz Khattami
Date Deposited: 03 Jul 2024 03:44
Last Modified: 03 Jul 2024 03:44
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/65

Actions (login required)

View Item View Item