PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 32 BENGKULU UTARA

KUSUMA, MARITA (2024) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 32 BENGKULU UTARA. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI MARITA KUSUMA PRODI PKN 2024.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui :1) Bagaimana Penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan di kelas VIII SMP Negeri 32 Bengkulu Utara, 2) Faktor penghambat penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan di kelas VIII SMP Negeri 32 Bengkulu Utara, 3) Solusi dari faktor penghambat Penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan di kelas VIII SMP Negeri 32 Bengkulu Utara . Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Manfaat dari penelitian ini adalah: 1) Manfaat teoritis di harapkan dapat menambah pengetahuan pembaca tentang pembelajaran berdiferensi pada mata pelajaran pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan dan di harapkan dapat memperbaiki hasil dari penelitian-penelitian sebelumnya dan dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan ilmu pengetahuan mengenai penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan di SMP Negeri 32 Bengkulu Utara. 2) Manfaat Praktis : Bagi guru, bagi Pendidikan, bagi peneliti, bagi peneliti selanjutnya. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dengan tahapan: Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut: 1) Penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan di kelas VIII SMP Negeri 32 Bengkulu Utara Dilakukan dengan beberapa cara, antara lain: a) Perencanaan pembelajaran, b) Pelaksanaan Pembelajaran, c) Penilaian Proses Pembelajaran, 2) Faktor penghambat penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan di kelas VIII SMP Negeri 32 Bengkulu Utara Dilakukan dengan beberapa cara, antara lain: a) Gagap Dalam Menggunakan Teknologi, b) Kurangnya pemahaman mengenai merdeka belajar, c) Kurangnya media pendukung dalam pembelajaran, d) Guru kesulitan dalam pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi, e) Guru mengalami hambatan dalam mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi. 3) Solusi faktor penghambat penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan di kelas VIII SMP Negeri 32 Bengkulu Utara Dilakukan dengan beberapa cara, antara lain: a) Ikuti kelas penggerak, b) Bertanya dengan teman sejawat, c) Ubah pola piker .

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing : Dr. Amnah Qurniati, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berdiferensiasi, Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Divisions: 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Mr Muammar Hafiz Khattami
Date Deposited: 25 Oct 2024 02:28
Last Modified: 25 Oct 2024 02:28
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/611

Actions (login required)

View Item View Item