APRILIANI, MELDA (2024) STUDI EVALUATIF PELAKSANAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VIII DI SMPN 36 KABUPATEN BENGKULU UTARA. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Skripsi)
skripsi melda.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas VIII di SMPN 36 Kabupaten Bengkulu Utara. Terdapat 3 rumusan masalah pada penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas VIII di SMPN 36 Kabupaten Bengkulu Utara, 2) Apa saja hambatan guru dalam penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan KELAS VIII di SMPN 36 Kabupaten Bengkulu Utara, 3) Bagaimana solusi guru dalam penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas VIII di SMPN 36 Kabupaten Bengkulu Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data penelitian ini di lakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan teknik kualitatif Miles dan Huberman dengan beberapa langkah : reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh : 1) Evaluasi keberhasilan penerapan Project-Based Learning (PBL) dalam Pendidikan Kewarganegaraan dapat dilihat dari partisipasi aktif siswa, kemampuan mereka dalam menerapkan konsep dalam situasi nyata, keterkaitan materi dengan konteks sosial-politik-ekonomi, serta respons dan feedback positif siswa terhadap metode PBL, 2) Kendala utama dalam menerapkan Project-Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VIII meliputi: kesiapan siswa terhadap konsep PBL, perancangan proyek yang relevan dengan kurikulum, manajemen waktu yang efisien, dan penilaian yang sesuai dengan pendekatan PBL, 3) solusi dalam mengatasi hambatan Guru di SMPN 36 Kabupaten Bengkulu Utara menghadapi sejumlah tantangan dalam menerapkan PBL dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Namun, mereka berhasil mengatasinya dengan beberapa solusi efektif yaitu Pendekatan Kolaboratif, Penggunaan Teknologi dan Sumber Daya, Manajemen Waktu yang Efektif dan Evaluasi Berbasis Rubrik
Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing ; Romadhona kusuma yudha,M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Studi Evaluatif, Problem Based Learning (PBL), Kewarganegaraan |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Divisions: | 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Mrs Atika Ledia Anggraini |
Date Deposited: | 03 Feb 2025 03:04 |
Last Modified: | 03 Feb 2025 03:04 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/566 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |