STUDI EVALUATIF PELAKSANAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VIII DI SMPN 36 KABUPATEN BENGKULU UTARA

APRILIANI, MELDA (2024) STUDI EVALUATIF PELAKSANAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VIII DI SMPN 36 KABUPATEN BENGKULU UTARA. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
skripsi melda.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas VIII di SMPN 36 Kabupaten Bengkulu Utara. Terdapat 3 rumusan masalah pada penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas VIII di SMPN 36 Kabupaten Bengkulu Utara, 2) Apa saja hambatan guru dalam penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan KELAS VIII di SMPN 36 Kabupaten Bengkulu Utara, 3) Bagaimana solusi guru dalam penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas VIII di SMPN 36 Kabupaten Bengkulu Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data penelitian ini di lakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan teknik kualitatif Miles dan Huberman dengan beberapa langkah : reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh : 1) Evaluasi keberhasilan penerapan Project-Based Learning (PBL) dalam Pendidikan Kewarganegaraan dapat dilihat dari partisipasi aktif siswa, kemampuan mereka dalam menerapkan konsep dalam situasi nyata, keterkaitan materi dengan konteks sosial-politik-ekonomi, serta respons dan feedback positif siswa terhadap metode PBL, 2) Kendala utama dalam menerapkan Project-Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VIII meliputi: kesiapan siswa terhadap konsep PBL, perancangan proyek yang relevan dengan kurikulum, manajemen waktu yang efisien, dan penilaian yang sesuai dengan pendekatan PBL, 3) solusi dalam mengatasi hambatan Guru di SMPN 36 Kabupaten Bengkulu Utara menghadapi sejumlah tantangan dalam menerapkan PBL dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Namun, mereka berhasil mengatasinya dengan beberapa solusi efektif yaitu Pendekatan Kolaboratif, Penggunaan Teknologi dan Sumber Daya, Manajemen Waktu yang Efektif dan Evaluasi Berbasis Rubrik

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing ; Romadhona kusuma yudha,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Studi Evaluatif, Problem Based Learning (PBL), Kewarganegaraan
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Divisions: 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Mrs Atika Ledia Anggraini
Date Deposited: 03 Feb 2025 03:04
Last Modified: 03 Feb 2025 03:04
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/566

Actions (login required)

View Item View Item