QOMARIAH, NURUL QORI IRMA (2024) ANALISIS PENANGANAN KELUHAN PELANGGAN DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA HIDAYAH KOTA BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Skripsi)
SKRIPSI NURUL QORI IRMA QOMARIAH.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Responsivitas merupakan salah satu dimensi kualitas pelayanan yang penting untuk menilai sejauh mana penyedia layanan dapat merespon permintaan dan keluhan pelanggan dengan cepat dan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Responsivitas Pelayanan Publik Dalam Menangani Keluhan Pelanggan Di PDAM Tirta Hidayah Kota Bengkulu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Responsivitas dari Zeithml, dengan menggunakan 4 indikator teori yaitu, kemampuan merespon masyarakat, kecepatan melayani, ketepatan melayani, dan ketepatan waktu pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PDAM Tirta Hidayah Kota Bnegkulu telah berupaya untuk meningkatkan responsivitas dalam menangani keluhan pelanggan, namun berdasarkan hasil temuan dilapangan bahwa pihak PDAM Tirta Hidayah masih kurang respon dalam hal ketepatan waktu dalam melakukan perbaikan layanan terhadap pelanggan. Temuan ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi PDAM Tirta Hidayah dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan.
Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Rekho Adriadi, S.IP, M.IP |
Uncontrolled Keywords: | Responsivitas, Pel |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-(S1) Administrasi Publik 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-(S1) Administrasi Publik |
Divisions: | 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-(S1) Administrasi Publik Subjek Terkait > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-(S1) Administrasi Publik |
Depositing User: | Mr Muammar Hafiz Khattami |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 03:35 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 03:35 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/526 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |