Bunaya, Vidya (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MELALUI APLIKASI CANVA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI DI KELAS X SMA NEGERI 2 LUBUK LINGGAU. Tesis (Masters) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Skripsi)
Tesis 9 VIDYA BUNAYA.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh pembelajaran berdiferensiasi menggunakan aplikasi Canva terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMA Negeri 2 Lubuklinggau. Metode eksperimen semu digunakan dengan non-randomized control group pretest dan posttest design. Kelompok eksperimen menerapkan pembelajaran berdiferensiasi melalui aplikasi Canva, sementara kelompok kontrol menggunakan metode konvensional. Variabel independen dengan pembelajaran melalui aplikasi Canva, sementara variabel dependen adalah motivasi dan hasil belajar kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan pembelajaran berdiferensiasi terhadap motivasi belajar siswa, namun terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa. Faktor-faktor internal dan eksternal seperti kekurangan variasi dalam pembelajaran dan dukungan lingkungan keluarga juga turut mempengaruhi motivasi dan hasil belajar siswa. Kesimpulannya, pembelajaran berdiferensiasi melalui aplikasi Canva memberikan dampak positif terhadap hasil belajar kognitif siswa, namun tidak signifikan terhadap motivasi belajar mereka.
Item Type: | Thesis (Tesis (Masters)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Dr. Irwandi, M.Pd. Pembimbing 2 : Dr. Merri Sri Hartati, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran berdiferensiasi, Aplikasi Canva, Motivasi belajar, Hasil belajar kognitif |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 09-Program Pascasarjana > 84105-(S2) Pendidikan Biologi 09-Program Pascasarjana > 84105-(S2) Pendidikan Biologi |
Divisions: | 09-Program Pascasarjana > 84105-(S2) Pendidikan Biologi Subjek Terkait > 09-Program Pascasarjana > 84105-(S2) Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Muammar Hafiz Khattami |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 03:15 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 03:15 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/523 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |