PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MEMBENTUK KESADARAN BERKEWARGANEGARAAN PADA SISWA DI SMPN 13 KOTA BENGKULU

Saputri, Johana (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MEMBENTUK KESADARAN BERKEWARGANEGARAAN PADA SISWA DI SMPN 13 KOTA BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
skripsi johana.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui : 1) Bagaimana Peran Guru Pendidikan Pancasila di SMP Negeri 13 Kota Bengkulu, 2) Bagaimana Peran Guru Pendidikan Pancasila dalam membentuk kesadaran kewarganegaraan pada siswa SMP Negeri 13 Kota Bengkulu, 3) Apakah ada hambatan pada Peran Guru Pendidikan Pancasila di SMP Negeri 13 Kota Bengkulu, 4) Apakah Solusi dari hambatan yang ada pada Peran Guru Pendidikan Pancasila di SMP Negeri Kota Bengkulu.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.Penyediaan sumber daya dan fasilitas yang memadai, serta peningkatan alokasi waktu untuk pembelajaran Pancasila, dapat membantu mengatasi hambatan dalam proses pengajaran.Partisipasi orang tua dan komunitas dalam pendidikan Pancasila perlu ditingkatkan untuk memberikan dukungan tambahan dan contoh nyata penerapan nilai-nilai Pancasila.Penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut: 1) Peran Guru Pendidikan Pancasila di SMP Negeri 13 Kota Bengkulu: Guru Pendidikan Pancasila di SMPN 13 Kota Bengkulu berperan penting dalam pembentukan karakter siswa. Melalui kurikulum yang mencakup berbagai nilai dasar Pancasila seperti gotong royong, keadilan sosial, persatuan, dan demokrasi, siswa mendapatkan pemahaman yang mendalam mengenai pentingnya nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari, 2) Peran Guru Pendidikan Pancasila dalam Membentuk Kesadaran Berkewarganegaraan pada Siswa di SMPN 13 Kota Bengkulu: Guru Pendidikan Pancasila memiliki pengaruh yang signifikan dalam membentuk kesadaran berkewarganegaraan siswa di SMPN 13 Kota Bengkulu. Siswa menunjukkan peningkatan dalam sikap dan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila, seperti rasa cinta tanah air, toleransi, gotong royong, dan sikap demokratis, 3) Hambatan pada Peran Guru Pendidikan Pancasila di SMP Negeri 13 Kota Bengkulu: Beberapa hambatan yang dihadapi dalam mengajarkan Pancasila di SMPN 13 Kota Bengkulu meliputi kurangnya keterlibatan siswa, materi yang dianggap terlalu teoritis, serta keterbatasan sumber daya dan fasilitas pendukung pembelajaran, 4) Solusi dari hambatan yang ada pada Peran Guru Pendidikan Pancasila di SMP Negeri Kota Bengkulu: Untuk mengatasi kurangnya keterlibatan siswa, guru dapat menggunakan metode pengajaran yang lebih interaktif dan inovatif, seperti diskusi kelompok, studi kasus, dan permainan peran yang membuat pembelajaran lebih menarik dan relevan.

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing : Dr. Rusnita Hainun, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Pancasila Dalam Membentuk Kesadaran Berkewarganegaraan, Siswa.
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Divisions: 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Mr Muammar Hafiz Khattami
Date Deposited: 09 Oct 2024 03:42
Last Modified: 09 Oct 2024 03:42
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/508

Actions (login required)

View Item View Item