DEWI, NUR KEMALA (2024) ANALISIS ASESMEN FORMATIF DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PKN SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 23 KABUPATEN REJANG LEBONG. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Skripsi)
SKRIPSI NUR KEMALA DEWI PRODI PKN 2024.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Analisis Asesmen Formatif Dalam Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran PKN siswa kelas VIII di SMP Negeri 23 Kabupaten Rejang Lebong. Terdapat 4 rumusan masalah pada penelitian ini yaitu 1) Pelaksanaan kurikulum merdeka pada pembelajaran PKn siswa kelas VIII di SMP Negeri 23 Kabupaten Rejang Lebong. 2) Proses analisis asesmen formatif dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran PKn siswa kelas VIII di SMP Negeri 23 Kabupaten Rejang Lebong. 3) Bentuk-bentuk asesmen formatif dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran PKn siswa kelas VIII di SMPN 23 Kabupaten Rejang Lebong. 4) Faktor penghambat dan solusi dari faktor penghambat asesmen formatif dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran PKn siswa kelas VIII di SMP Negeri 23 kabupaten Rejang Lebong. Jenis penelitian ini di adalah penelitian kualitatif. Adapun manfaat penelitian ini yaitu 1) Manfaat teoritis Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat berupa konstribusi dalam memperkaya ilmu pengetahuan tentang asesmen formatif. 2) Manfaat praktis bagi sekolah, bagi guru, bagi peserta didik bagi peneliti. Dalam pengumpulan data penelitian ini di lakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan teknik kualitatif Miles dan Huberman dengan beberapa langkah: reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh:1) Pelaksanaan kurikulum merdeka pada pembelajaran PKn siswa kelas VIII di SMP Negeri 23 Kabupaten Rejang Lebong : Pelaksanaan kurikulum merdeka sudah terlaksana dengan baik dan sebelum melaksanakan kurikulum merdeka, sekolah sudah melakukan beberapa persiapan agar kurikulum merdeka bisa terlaksana dengan baik yaitu, mengadakan sosialisasi dan pelatihan. 2) Proses analisis asesmen formatif dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran PKn siswa kelas VIII di SMP Negeri 23 Kabupaten Rejang Lebong : proses asesmen formatif dilakukan secara berkelanjutan untuk mengukur kemajuan belajar siswa selama pembelajaran berlangsung. 3) Bentuk-bentuk asesmen formatif dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran PKn siswa kelas VIII di SMPN 23 Kabupaten Rejang Lebong : guru mengumpulkan data dan mengelola data peserta didik dengan melakukan penilaian tertulis dan tidak tertulis. 4) Faktor penghambat dan solusi dari faktor penghambat asesmen formatif dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran PKn siswa kelas VIII di SMP Negeri 23 kabupaten Rejang Lebong : Kurangnya Penguasaan materi, Kurangnya pelatihan guru mata pelajaran,Kurangnya waktu untuk melakukan asesmen. solusinya guru harus lebih banyak menambah wawasan, dan pihak sekolah harus mengadakan pelatihanpelatihan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa di SMP Negeri 23 Rejang Lebong telah terdapat asesmen formatif dan pelaksanaan asesmen formatif tersebut sudah terlaksanakan dengan cukup baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Elfahmi Lubis, SH, S.Pd, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Asesmen Formatif, Kurikulum Merdeka. |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Divisions: | 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Mr Muammar Hafiz Khattami |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 02:51 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 02:51 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/500 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |