PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS 1 PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA MUHAMMADIYAH 4 KOTA BENGKULU

Kurniawan, Renaldo (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS 1 PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA MUHAMMADIYAH 4 KOTA BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI RENALDO KURNIAWAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa di kelas X SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dalam dua siklus karena telah mencapai indiKator keberhasilan tindakan. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah nilai keaktifan belajar siswa minimal 75 dan 75% siswa mencapai nilai KKM dengan nilai sebesar 75. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu yang berjumlah 17 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, nilai pretest dan nilai postest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi. Hal tersebut dapat dilihat dari: 1) adanya peningkatan nilai keaktifan belajar siswa. Nilai rata-rata keaktifan belajar siswa pada siklus I adalah sebesar 70,5 termasuk dalam kategori cukup dan pada siklus II nilai rata-rata keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 81,8 termasuk dalam kategori sangat baik. 2) adanya peningkatan nilai hasil belajar siswa. Skor nilai rata-rata hasil belajar siswa di siklus I adalah 57,6 termasuk dalam kriteria kurang. Skor nilai rata-rata hasil belajar siswa di siklus II meningkat menjadi 81 termasuk dalam kriteria sangat baik

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr Bahrin M,Si Pembimbing 2 : Ayudho selviani S,Pd M.AK
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Keaktifan, Hasil Belajar
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
Divisions: 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Muammar Hafiz Khattami
Date Deposited: 07 Oct 2024 07:03
Last Modified: 07 Oct 2024 07:03
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/492

Actions (login required)

View Item View Item