PENGARUH PENERAPAN PETUNJUK KERJA PRATIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 11 BENGKULU SELATAN

SARI, MIKE (2024) PENGARUH PENERAPAN PETUNJUK KERJA PRATIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 11 BENGKULU SELATAN. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI MIKE.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh penerapan petunjuk kerja pratikum terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 11 Bengkulu Selatan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2024. Metode yang digunakan adalah metode True Eksperiment dengan menggunakan satu kelas eksperimen atau kelas perlakuan dan satu kelas kontrol, untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka digunakan desain Pretest - Posttest Control Group Design. Hasil analisis inferensial menunjukan bahwa skor rata-rata hasil belajar siswa setelah pembelajaran IPA dengan menerapkan petunjuk kerja pratikum tampak nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 yang berarti hasil belajar IPA siswa bisa mencapai KKM 75. Ketuntasan belajar siswa setelah diajar dengan menerapkan petunjuk kerja pratikum secara klaksial ≥ 75% dimana terdapat 22 siswa yang mencapai ketuntasan belajar 88%.

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing: Dr. Tomi Hidayat M.Pd
Uncontrolled Keywords: Petunjuk kerja, Pengaruh, True Eksperiment, SMP Negeri 11 Bengkulu Selatan
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi
07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi
Divisions: 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi
Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Atika Ledia Anggraini
Date Deposited: 11 Oct 2024 01:40
Last Modified: 11 Oct 2024 01:40
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/483

Actions (login required)

View Item View Item