Rahayu, Tri Astuti (2024) IMPLEMENTASI NATURAL LANGUAGE PROCESSING (NLP) PADA PEMBUATAN CHATBOT LAYANAN INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULUIMPLEMENTASI NATURAL LANGUAGE PROCESSING (NLP) PADA PEMBUATAN CHATBOT LAYANAN INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Skripsi)
Skripsi ayu.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berjudul Implementasi Natural Language Processing (NLP) Pada Pembuatan Chatbot Layanan Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Permasalahan yang dihadapi adalah Pelayanan informasi pada Penerimaan Mahasiswa Baru di Univertitas Muhammadiyah Bengkulu masih menggunakan cara yang manual dan belum maksimal dalam menggunakan teknologi untuk memberikan pelayanan informasi yang mudah dan cepat kepada calon Mahasiswa Baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan kemudahaan dan sebagai pusat informasi dan mengidentifikasi pertanyaan yang sering muncul mengenai informasi penerimaan mahasiswa baru, dengan mengusulkan sistem chatbot untuk menjawab pertanyaan tersebut. Adapun metode Respon yang di hasilkan merupakan hasil proses pemindahan kata kunci pada inputan pengguna dan menghasilkan respon balasan yang dianggap paling tepat, atau kalimat kata yang paling mendekati dan pada umumnya menggunakan pendekatan Natural Language Processing (NLP). Chatbot ini dirancang untuk memberikan layanan unggul kepada generasi milenial yang membutuhkan informasi secara cepat dan akurat dan melibatkan pengembangan Chatbot dengan pendekatan berbasis pola (Pattern-Bassed), yang diimplementasikan menggunakan bahasa pemrograman Python dengan bantuan framework Flask. Hasil pengujian black box berhasil terjawab dan pengujian kuesioner dengan nilai rata-rata sangat setuju 7,25 dan jumlah persentase 42,64%, nilai rata-rata setuju 7,8 dan jumlah presentase 45,88%, nilai ratarata netral 1,95 dan jumlah presentase 11,47%, nilai rata-rata tidak setuju 0dan jumlah persentase 0%, nilai rata-rata sangat tidak setuju 0 dan jumlah persentase 0%.
Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Agung Kharisma Hidayah, S.Kom., M.Kom |
Uncontrolled Keywords: | Natural Language Processing (NLP), Chatbot, Penerimaan Mahasiswa Baru. |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika |
Divisions: | 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika Subjek Terkait > 02-Fakultas Teknik > 55201-(S1) Teknik Informatika |
Depositing User: | Mr Muammar Hafiz Khattami |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 03:15 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 03:15 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/468 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |