KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA KELAS VII SMP NEGERI 01 PENDOPO

Anggraini, Devita (2024) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA KELAS VII SMP NEGERI 01 PENDOPO. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI DEVITA ANGGRAINI - PRODI MTK 2024.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif merupakan aspek penting yang harus dimiliki siswa. Banyak guru di sekolah dasar atau menengah masih kurang memperhatikan kemampuan berpikir kreatif. Dengan mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa, guru memperoleh wawasan yang luas tentang potensi dan bakat yang dimiliki siswa-siswanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif. soal tes diberikan kepada siswa kelas VII-3 dan wawancara dilakukan kepada 6 orang siswa dengan kategori perolehan hasil tes Tinggi, Sedang dan Rendah. Hasil analisis bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memperoleh hasil dengan idikator berbeda-beda, untuk indikator kelancaran (Fluency) dari 25 siswa hanya 11 siswa yang memenuhi indikator kelancaran, dari 25 siswa 4 orang siswa yang memenuhi indikator keluwesan, kemudian 6 orang siswa dari 25 orang memenuhi indikator keaslian, sedangkan pada indikator elaborasi hanya 8 orang siswa dari 25 orang siswa yang memenuhi indikator. bahwa dari keenam subjek yang telah dipilih mempunyai kemampuan berpikir kreatif berbeda. Subjek terdiri dari 2 subjek tinggi, 2 subjek sedang dan 2 subjek rendah. Keenam subjek tersebut dipilih berdasarkan kebutuhan peneliti. Dari hasil tes dan wawancara, keenam subjek masing-masing memenuhi indikator yang berbeda, untuk indikator kelancaran secara umum hanya 4 subjek yang sudah memenuhi indikator, pada indikator keluwesan hanya 2 subjek yang memenuhi indikator, kemudian 2 subjek sudah memenuhi indikator keaslian, sedangkan indikator elaborasi hanya 3 subjek yang sudah memenuhi indikator elaborasi.

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing 1 : Mardiah Syofiana, M.Pd Pembimbing 2 : Drs. Ristontowi,, M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kreatif Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika
07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika
Divisions: 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika
Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-(S1) Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Muammar Hafiz Khattami
Date Deposited: 04 Oct 2024 03:10
Last Modified: 04 Oct 2024 03:10
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/467

Actions (login required)

View Item View Item