Pratama, Ahmad Ramadan (2024) STRATEGI KOMUNIKASI KOMUNITAS PARARIDE DALAM MENARIK MINAT ANGGOTA BARU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Skripsi)
SKRIPSI AHMAD RAMADAN PRATAMA PRODI ILMU KOMUNIKASI 2024.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Sebuah komunitas menginginkan komunitasnya menjadi besar dan dikenal. Dalam menarik minat anggota baru untuk bergabung, komunitas Pararide pastinya menggunakan strategi komunikasi sebagai teknik atau cara untuk mendapatkan anggota baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi komunitas Pararide dalam menarik minat anggota baru dengan menggunakan teori komunikasi Laswell. Menurut Laswell, persoalan komunikasi menyangkut 5 (lima) point yaitu 1. Who? (siapa?), 2.Says What? (Mengatakan apa?, 3. In Which Channels? (Melalui saluran apa?), 4. To Whom? (Kepada siapa?), dan 5. With What Effect? (Dengan efek apa?) Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dan menggunakan analisis data secara deskriptif. Sumber data primer dan sekunder digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Strategi komunikasi komunitas Pararide dalam menarik minat anggota baru, bahwa strategi komunikasi yang diterapkan oleh komunitas Pararide dengan cara memperkenalkan komunitas dengan melakukan kegiatan-kegiatan di sekitar masyarakat karena dengan memperkenalkan identitas komunitas dengan berbagai kegiatan adalah salah satu strategi untuk menarik minat anggota baru. Dengan menggunakan 5 point Lasswell Who? Yang disampaikan oleh ketua maupun anggota pararide itu sendiri. Saywhat? komunikator menyampaikan segala hal yang ingin disampaikan kepada masyarakat agar masyarakat lebih mengenal komunitas pararide itu sendiri. In which channel? Disini komunitas pararide menggunakan media digital yang salah satunya yaitu media social instagram dan panflet yang disebar luas agar masyarakat mengetahui kegiatan yang dilakukan oleh komunitas pararide. To whom? setelah komunitas pararide menyebarluaskan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan tentunya target dari strategi komunikasi tersebut ialah khalayak masyarakat sehingga masyarakat tertarik untuk bergabung di komunitas pararide. With what effect? Setelah melakukan 4 point lasswell tadi maka harapannya agar masyarakat tertarik untuk ikut bergabung di setiap kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh komunitas pararide sehingga timbul lah niat masyarakat untuk bergabung dalam Komunitas pararide.
Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dr. Juliana Kurniawati, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi, Komunitas Pararide, Bersepeda |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi |
Divisions: | 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi Subjek Terkait > 08-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-(S1) Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mr Muammar Hafiz Khattami |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 02:24 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 02:24 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/460 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |