Ekaputri, Yensi (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBENTUK SIKAP SOSIAL PERSETA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI SMPN 21 KOTA BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Skripsi)
SKRIPSI YENSI EKAPUTRI PTODSI PE 2024.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Munculnya berbagai permasalahan masyarakat yang mengarah pada perilaku tidak berkarakter dan wujud tanda-tanda degradasi karakter suatu bangsa saat ini semakin menegaskan pentingnya pendidikan karakter. Karena kemajuan suatu bangsa sangat ditentukan oleh kualitas karakter bangsanya, maka karakter bangsa merupakan komponen sumber daya manusia yang sangat penting. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Indonesia merupakan dokumen penting yang menyoroti peran pendidikan nasional dalam membantu mengembangkan potensi dan membentuk karakter serta peradaban generasi penerus bangsa. dalam upaya meningkatkan kecerdasaan kehidupan negara. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui sikap sosial apa saja yang ditanamkan dalam pembelajaran ini, bagaimana penerapan pendidikan karakter dalam membentuk sikap sosial peserta didik melalui pembelajaran IPS Terpadu kelas VIII 2 SMPN 21 kota Bengkulu, dan terakhir bagaimana penilaian pendidikan karakter membentuk sikap peserta didik. sikap sosial pada kelas VIII 2 SMPN 21 Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah deskriptif. Kemudian pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah sebagai berikut : (1) proses pelaksanaan pendidikan karakter dalam membentuk sikap sosial peserta didik melalui pembelajaran IPS Terpadu kelas VIII 2 SMPN 21 Bengkulu dilakukan dengan mengintegrasikan pendidikan karakter dengan mata pelajaran IPS Terpadu serta menanamkan nilai-nilai karakter dalam setiap pembelajaran yang berlangsung sehingga sikap sosial peserta didik bisa terbentuk, (2) sikap sosial yang dibentuk di kelas VIII 2 meliputi : jujur, tanggung jawab, toleransi, gotong royong, santun, dan percaya diri, (3) penilaian yang dilakukan oleh guru menggunakan lembar pengamatan sikap peserta didik yang didalamnya di bagi menjadi empat item yaitu penilaian diri sendiri, teman sejawat, observasi, dan jurnal
Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Sazili, M. Pd Pembimbing : Drs. Zufiyardi, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Character Education, Social Attitudes, and Social Studies Learning. |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi |
Divisions: | 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Muammar Hafiz Khattami |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 05:01 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 05:01 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/456 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |