Gandari, Meisy (2024) EXPLORING STUDENTS’ READING MATERIAL PREFERENCES: A COMPREHENSIVE DESCRIPTIVE ANALYSIS. Tesis (Masters) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Skripsi)
THESIS MEISY GANDARI.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu mengeksplorasi preferensi bahan bacaan mahasiswa seperti faktor apa saja yang mempengaruhi mahasiswa semester pertama Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Bengkulu dalam menentukan preferensi bahan bacaan, Selanjutnya mengetahui jenis preferensi bahan bacaan apa yang disukai, serta bagaimana hubungan antara preferensi bahan bacaan mahasiswa terhadap hasil belajar dan kemampuan membaca mahasiswa. Penelitian ini menggunakan desain metode deskriptif komprehensif. Instrumen penelitian meliputi, wawancara secara mendalam, observasi kemudian dokumentasi. Subjek dalam penelitian yaitu mahasiswa semester pertama Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Bengkulu, yang berjumlah 23 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang paling dominan mempengaruhi mahasiswa dalam memilih bahan bacaan yaitu berdasarkan faktor internal, dan mahasiswa paling banyak memilih berdasarkan minat, kemudian motivasi. Temuan kedua yaitu jenis preferensi bacaan yang disukai oleh mahasiswa, mahasiswa memiliki preferensi yang beragam, dan pilihan yang paling dominan yaitu membaca bahan bacaan dalam bentuk cetak daripada bacaan digital. Selanjutny genre yang paling popular dan dominan dipilih yaitu genre fiksi seperti novel, selanjutnya diikuti dengan genre non-fiksi berupa cerita biography seseorang. Dan temuan yang terakhir yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara preferensi bahan bacaan dengan hasil belajar mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa lebih menyukai dan dapat terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran ketika bahan bacaan yang digunakan sesuai dengan minat mereka dibandingkan dengan bahan bacaan yang tidak disukai. Jadi dapat disimpulkan bahwa penelitian mengenai preferensi bahan bacaan mahasiswa merupakan faktor penting untuk meningkatkan minat membaca dan hasil belajar mahasiswa, oleh sebab itu disarankan kepada mahasiswa untuk lebih menyukai kegiatan membaca, dan mencari tau minat mereka. Disarankan kepada dosen untuk mempertimbangkan preferensi bahan bacaan yang disukai oleh mahasiswa, sehingga dapat merancang strategi pembelajaran yang efektif dan dapat mengkombinasikan bahan bacaan. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian yang serupa namun dengan jumlah informan yang lebih banyak lagi serta subjek penelitian yang berbeda, dan lebih memperdalam lagi untuk mengetahui faktor lain yang dapat mempengaruhi mahasiswa dalam menentukan preferensi bahan bacaan.
Item Type: | Thesis (Tesis (Masters)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Sinarman Jaya, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Analisis Deskriptif. Eksplorasi, Membaca, Preferensi Bahan Bacaan |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88203-(S1) Pendidikan Bahasa Inggris 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88203-(S1) Pendidikan Bahasa Inggris |
Divisions: | 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88203-(S1) Pendidikan Bahasa Inggris Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88203-(S1) Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Muammar Hafiz Khattami |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 02:42 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 02:42 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/440 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |