PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DI SMPN 5 KOTA BENGKULU

Rahayu, Eka Kusumawati (2024) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DI SMPN 5 KOTA BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
TESIS EKA SIAP CETAK CD.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan hasil belajar kognitif serta untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan hasil belajar kognitif di SMPN 05 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Dilaksanakan di SMPN 05 Kota Bengkulu. Subjek penelitian berjumlah 105 siswa kelas IX, dengan rincian IXA 35 siswa IXB 35 siswa dan IXC 35 siswa. Kelas eksperimen diberikan perlakuan sedangkan kelas eksperimen tidak diberikan perlakuan. Kedua kelas diberikan pretest-posttest. Data pretest-posttest siswa dianalisis menggunakan uji Anova. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya perbedaan kemampuan HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan hasil belajar kognitif siswa menggunakan model Problem Based Learning (PBL), Project Based Learning (PjBL), dan konvensional dilihat dri uji Anova dimana diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 maka dapat disimpulkan bahwa sig < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan antar kelas. Hal tersebut juga menandakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) terhadap peningkatan kemampuan HOTS dan hasil belajar kognitif siswa di SMPN 05 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing : Dr. Irwandi, M.Pd Pembimbing : Dr.Merri Sri Hartati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: HOTS (Higher Order Thinking Skills), Hasil Belajar Kognitif, Problem Based Learning (PBL), Project Based Learning (PjBL)
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi
07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi
Divisions: 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi
Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Muammar Hafiz Khattami
Date Deposited: 03 Oct 2024 02:10
Last Modified: 03 Oct 2024 02:10
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/432

Actions (login required)

View Item View Item