PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 15 KOTA BENGKULU

GUNAWAN, SURYA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 15 KOTA BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI SURYA GUNAWAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran pada abad 21 menuntut sekolah untuk mengubah pendekatan pembelajaran dari teacher-centred menjadi student-centered. Pada pembelajaran abad 21 terdapat beberapa keterampilan yang harus dikembangkan, salah satunya yaitu kemampuan berpikir kritis (critical thinking). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan penelitian eksperimen semu (quasy eksperiment) dan dengan desain penelitian non-randomized control group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu dengan sampel penelitian yang terdiri dari dua (2) kelas yaitu eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah sampel sebanyak 44 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non - random. Pengambilan data dilakukan melalui tes tertulis untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa dalam bentuk soal essay sebanyak lima (5) butir soal. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis (uji�t) dengan taraf signifikansi 5% (0,05) dan uji N-Gain skor. Hasil analisis data dengan uji hipotesis (uji-t) menunjukkan bahwa nilai p-value sebesar 0,001 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan uji N-Gain diketahui bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning sebesar 0,7098 termasuk kedalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi (Bachelor))
Additional Information: Pembimbing: Dr. Rizki Pratama, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Discovery Learning, Mata Pelajaran IPA
Subjects: Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi
07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-(S1) Pendidikan Biologi
Divisions: 09-Program Pascasarjana > 84105-(S2) Pendidikan Biologi
Subjek Terkait > 09-Program Pascasarjana > 84105-(S2) Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Atika Ledia Anggraini
Date Deposited: 11 Oct 2024 01:44
Last Modified: 11 Oct 2024 01:44
URI: http://repository.umb.ac.id/id/eprint/413

Actions (login required)

View Item View Item