Siregar, Muhammad Iqbal Rafi’I (2024) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI KELAS XI IPS MAN 02 KEPAHIANG. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Skripsi)
SKRIPSI MUHAMMAD IQBAL RAFI’I SIREGAR - PE 2024.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar di Kelas XI IPS MAN 02 Kepahiang, kedua. Untuk mengetahui bagaimana prestasi belajar siswa di Kelas XI IPS MAN 02 Kepahiang ketiga Untuk mengetahui adakah pengaruh pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar di Kelas XI IPS MAN 02 Kepahiang. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuatitatif. Dengan jumlah responden 56 siswa. variabel dependen perpustakaan sebagai sumber belajar, dan variable dependen prestasi belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket tertutup dengan sekala 5 dan nilai ujian akhir peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik uji instruemn validitas dan realibilitas & teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjkan bahwa Pemanfaatan Perpustakaan sebagai sumber belajar di kelas XI IPS MAN 02 sebanyak 56 peserta didik yang mengisi angket. Pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar di kelas XI IPS 02 Kepahiang dalam dikategorikan rendah dengan presentase 51, 78 % sebanyak 29 peserta didik dari 56 responden.Prestasi Belajar Siswa dalam penggunaan perpustakaan sebagai sumber belajar sebanyak 56 peserta didik yang diambil sample nilai ujian akhir semester dalam kategori sedang dengan frekuensi sebanyak dengan jumlah presentase 62,5% sebanyak 35 peseta didik dari 56 responden. Dari hasil penghitungan regresi antara variabel X dan Y Dari hasil penghitungan TX memiliki niai sig < 0,05 dan nilai koefisien B > 0 maka pemanfaatan perpustakaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (hipotesis diterima). dan dari hasil pehitungan uji koefisien determinasi untuk melihat seberapa berpengaruh variable X terhadap Variabel Y. Dari data di dapatkan nilai R squer (koefisien diterminasi) Nilai Adjusted R Square sebesar 0,101 menunjukkan bahwasanya variabel independen (X) dapat menjelaskan variabel dependen (Y) sebesar 10,1% sedangkan sisanya sebesar 89,9% diterangkan oleh faktor lain yang diluar penelitin atau disebut juga Koefisien determinsi.
Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Dr. Hilyati Milla, M.Pd Pembimbing 2 : Drs. Sazili, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Perpustakaan, Sumber Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi |
Divisions: | 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87273-(S1) Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Muammar Hafiz Khattami |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 03:21 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 03:21 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/412 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |