RIA, LISTA (2024) STRATEGI MENINGKATKAN KINERJA GURU PKN MELALUI PROGRAM GURU PENGGERAK DI SMA NEGERI 3 KAUR. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Skripsi)
SKRIPSI LISTA RIA.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi meningkatkan kinerja guru PKn melalui program guru penggerak di SMA Negeri 3 Kaur. Terdapat 3 rumusan masalah pada penelitian ini yaitu : 1) Strategi meningkatkan kinerja guru PKn melalui program guru penggerak di SMA Negeri 3 Kaur, 2)faktor penghambat dalam menerapkan strategi peningkatan kinerja guru PKn melalui program guru penggerak di SMA Negeri 3 Kaur, 3) solusi dalam mengatasi hambatan startegi peningkatan kinerja guru PKn di SMA Negeri 3 Kaur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun manfaat penelitian ini yaitu : 1) manfaat teoritis penelitian ini di harapkan mampu membuktikan peningkatan strategi kinerja guru, 2) manfaat praktis : bagi guru, bagi pendidikan, bagi peneliti, bagi peneliti selanjutnya. Dalam pengumpulan data penelitian ini di lakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan teknik kualitatif Miles dan Huberman dengan beberapa langkah : reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh : 1) strategi meningkatkan kinerja guru PKn melalui program guru penggerak di SMA Negeri 3 Kaur dapat di lakukan dengan : mengikuti pelatihan , motivasi kerja dan pelaksanaan pembelajran yang baik, 2)faktor penghambat dalam meningkatkan strategi peningkatan kinerja guru PKn melalui program guru penggerak di SMA Negeri 3 Kaur antara lain : kondisi fisik dan manajemen waktu yang kurang baik, rendahnya kinerja guru, kurangnya motivasi guru, kurangnya sarana dan prasarana, kurikulum yang berubah-ubah dan kurangya anggaran dana, 3) solusi dalam mengatasi hambatan startegi meningkatan kinerja guru di SMA Negeri 3 Kaur yaitu : melakukan gaya hidup yang sehat, meningkatkan disiplin diri, meningkatkan kinerja guru dengan banyak mengikuti pelatihan, memberikan insentif yang lebih besar kepada guru. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa kinerja guru di SMA Negeri 3 Kaur sudah cukup meningkat setelah adanya program guru penggerak.
Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Elfahmi Lubis, S.pd., M.pd |
Uncontrolled Keywords: | strategi, kinerja guru, guru penggerak |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Divisions: | 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Mrs Atika Ledia Anggraini |
Date Deposited: | 11 Oct 2024 01:45 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 01:45 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/404 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |