Ramadhanty, Rishelia (2024) PENGUATAN NILAI EDUPRENEURSHIP DALAM MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI DAN KREATIF PADA SISWA SD NEGERI 04 KOTA BENGKULU. Skripsi (Bachelor) thesis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
![]() |
Text (Skripsi)
SKRIPSI RISHELIA.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penguatan Nilai Edupreneurship Dalam Membentuk Karakter Mandiri dan Kreatif Pada Siswa SDN 04 Kota Bengkulu. Program studi Pendidikan Kewarganegaraan, FKIP UMB. Pembimbing: Drs. Zulyan, M.si. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan penguatkan nilai-nilai edupreneurship di dalam ruang lingkup SDN 04 Kota Bengkulu. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam sebagai metode pengumpulan data partisipan penelitian terdiri seluruh siswa di SDN 04 Kota Bengkulu dalam kegiatan P5 yang di mana terdapat salah satu kegiatan edupreneurship atau kewirausahaan yang menjadi salah satu bagian dari kurikulum Merdeka belajar. Penelitian ini untuk mengetahui; (1) Bagaimana penguatan nilai-nilai edupreneurship dan arti dalam membentuk siswa yang mandiri dan kreatif di SDN 04 kota Bengkulu, (2) apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi penguatan nilainilai edupreneurship yang ada di SD Negeri 04 Kota Bengkulu, (3) apa saja upaya-upaya yang dapat dilaksanakan untuk meningkatkan kreativitas serta kemandirian siswa-siswi SDN 04 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif manfaat penelitian ini adalah: (1) manfaat teoritis yang diharapkan dapat mengubah atau menambah ilmu pengetahuan terhadap ilmu preneurship kedepannya yang kedua (2) manfaat praktis: bagi guru bagi peneliti bagi peneliti selanjutnya mengumpulkan data dalam penelitian dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif nilai dan kuberman dengan tahap pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) penguatan nilai-nilai edupreneurship dalam membentuk karakter mandiri dan kreatif di Sekolah Dasar Negeri 04 Kota Bengkulu antara lain: dengan adanya sosialisasi terhadap guruguru tentang pemahaman serta pengetahuan mengenai muatan nilai-nilai hidup arsip kemudian menjelaskan dan memaparkan materi kepada siswa-siswi SDN 04 kota Bengkulu tentang pemahaman serta Bagaimana cara melaksanakan kegiatan eropatip yang bersangkutan dengan kegiatan P5 yang terdapat di kurikulum merdeka. Penguatan nilai-nilai hidup prinsip juga ditambahkan dengan adanya kegiatan P5 di akhir semester yang di mana semua hasil pengetahuan dan pemahaman juga dipaparkan di dalam kegiatan P5 pada tiap akhir semester kegiatan ini juga menjadikan faktor pendukung yaitu: (1) kurikulum terbaru yaitu kurikulum Merdeka (2 ) sumber belajar yang tersedia (3) partisipasi orang tua (4) pemahaman materi tentang penguatan nilai-nilai kehidupan arsip faktor penghambat yaitu yang pertama adalah sumber daya yang kedua adalah fasilitas yang belum memadai yang ketiga adalah pemahaman yang minim terhadap terhadap pengetahuan tentang edupreneurship serta dukungan dari siswasiswi sendiri
Item Type: | Thesis (Skripsi (Bachelor)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing ; Drs. Zulyan, M.si. |
Uncontrolled Keywords: | edupreneurship, penguatan nilai-nilai, mandiri dan kreatif |
Subjects: | Universitas Muhammadiyah Bengkulu > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Divisions: | 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Subjek Terkait > 07-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-(S1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Mr Muammar Hafiz Khattami |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 04:56 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 04:56 |
URI: | http://repository.umb.ac.id/id/eprint/371 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |